Cara Memperbaiki Komputer yang Menyala sebentar lalu Mati lagi

4:52 PM
Apakah komputer Anda tiba-tiba mati dengan sendirinya sebelum proses loading windows pada saat baru saja Anda menyalakan komputer? Jika demikian, Anda kemungkinan menghadapi masalah arus pendek listrik(korslet) atau mungkin masalah hardware yang lumayan serius.

Karena ada beberapa alasan penyebab PC tiba-tiba mendadak mati dengan sendirinya selama proses boot, maka penting sekali bagi Anda mengikuti beberapa panduan troubleshooting yang saya uraikan di bawah ini.

Penting: Jika sebenarnya komputer Anda menyala, hanya saja di layar tidak tampil apapun maka Anda harus membaca tutorial "Inilah Cara Memperbaiki Komputer yang Tidak Mau Menyala".

Tingkat kesulitan: Standar / Rata-rata

Waktu yang dibutuhkan: Bisa beberapa menit sampai beberapa jam tergantung pada penyebab kenapa komputer tiba-tiba mendadak mati setelah dinyalakan.

Cara Memperbaiki Komputer yang Menyala sebentar lalu Mati lagi:

1. Coba baca panduan bunyi suara beep, dengan asumsi Anda mendengar suara beep tersebut. kode suara beep untuk tiap vendor motherboard terkadang berbeda karena bios yang mereka gunakan berbeda. misalnya untuk komputer yang berjalan normal terdengar bunyi beep pendek sekali setelah kita nyalakan. bunyi beep panjang terus menerus bisa menandakan vga kita yang bermasalah, dst.

Namun jika Anda tidak mendengarkan bunyi beep yang tidak normal, Anda bisa lanjutkan membaca panduan berikutnya.

2. Pastikan saklar voltase power supply telah diatur dengan benar(biasanya saklar ini terdapat pada psu berkelas). Jika tegangan input untuk catu daya tidak sesuai dengan yang berlaku di negara Anda, komputer Anda mungkin tidak akan mau menyala.

Kemungkinannya memang komputer Anda tidak akan menyala jika setingan saklar ini salah, tetapi setingan saklar yang salah bisa juga menyebabkan komputer Anda mati mendadak dengan sendirinya.

3. Periksalah mungkin ada penyebab terjadinya arus pendek di dalam komputer Anda. Hal ini sangat sering menjadi penyebab masalah ketika komputer dinyalakan untuk satu atau dua detik tapi kemudian mati lagi dengan  sendirinya.

Penting: sangat penting sekali bagi Anda untuk sedikit meluangkan waktu memeriksa bagian dalam PC Anda akan kemungkinan penyebab arus pendek(korsleting). Jika Anda tidak segera memeriksanya, kemungkinannya bisa jadi akan lebih buruk. Anda akan membutuhkan ongkos mahal penggantian hardware yang rusak yang seharusnya tak perlu terjadi jika Anda segera memeriksanya.

Maka saran saya yang sebaiknya Anda lakukan adalah:

1. Periksa dan test power supply Anda. Hanya karena Anda baru saja membeli komputer tersebut bukan berarti komponen power supply di komputer Anda itu bekerja dengan baik. Menurut pengalaman saya, psu seringkali menjadi penyebab utama problem dibandingkan dengan komponen hardware lainnya, dan kemudian menjadi fakta umum bahwa psu menjadi kambing hitam penyebab utama problem komputer yang mendadak mati.

Segera ganti power supply Anda jika telah gagal menjalani setiap tes Anda.

Tips: Jika benar Anda harus mengganti psu, Setelah penggantian, biarkan komputer terhubung selama 5 menit sebelum Anda memulai menyalakan komputer sehingga baterai CMOS memiliki waktu untuk mengisi ulang.

2. Tes tombol power di bagian depan casing komputer Anda. Jika tombol power korslet atau bahkan seperti tertekan terus-menerus, mungkin menjadi alasan komputer Anda mati dengan sendirinya.

Ganti tombol power jika memang ternyata rusak atau jika Anda menduga tombolnya sudah tidak bekerja dengan baik.

3. Copotlah dan pasang kembali semua komponen hardware di dalam komputer Anda. Dengan bongkar pasang diharapkan semua konektor yang tadinya mungkin longgar akan kencang kembali. Jangan lupa untuk membersihkannya dengan kuas apabila banyak kotoran dan debu yang menempel.

Cobalah copot dan pasang kembali komponen berikut ini kemudian cek apa yang terjadi pada komputer Anda saat dinyalakan:

  • Cabut dan pasang kembali semua kabel power dan kabel data
  • Cabut dan pasang kembali RAM memori
  • Cabut dan pasang kembali peripheral seperti vga card, sound card dan lain-lain

Catatan: sebaiknya juga cabut dan pasang kembali konektor mouse dan keyboard Anda. Ada kemungkinan salah satunya menjadi penyebab masalah ini.

4. Cobalah nyalakan komputer dengan komponen terpenting saja, misalnya yang Anda pasang hanya motherboard, processor, ram dan vga tanpa memasang hardisk Anda. Jika kemudian komputer mau menyala terus menerus(dengan hardware tertentu saja), lanjutkan ke langkah 7

Jika komputer Anda tetap mati lagi dengan sendirinya, lanjutkan ke langkah 5

5. Cek PC Anda dengan menggunakan alat PC Analyzer. Dengan memasang alat PC Analyzer akan teridentifikasi hardware atau komponen mana yang menjadi penyebab masalah tersebut. Jika Anda tidak memilik alat tersebut dan juga tak ingin membelinya lanjut ke langkah 7

6. Coba gunakan komponen hardware lain dengan menguji satu demi satu komponen komputer Anda. misalnya coba pinjam vga teman Anda lalu pasang di komputer Anda, apakah tetap mati sendiri komputernya? atau ram dan processor teman. bisa juga Anda membawa peripheral hardware Anda ke rumah teman terdekat yang memiliki jenis socket processor, ram dan vga yang sejenis tentunya.

karena normalnya pengguna komputer tidak memiliki suku cadang hardware mereka. Saran saya adalah tinjau kembali langkah nomor 5. alat PC Analyzer harganya cukup terjangkau dan lebih masuk akal dibandingkan menyimpan suku cadang untuk hardware Anda yang memilik garansi terbatas dan dapat rusak sewaktu-waktu.

7. Dan akhirnya, jika semua cara di atas gagal. Anda mungkin membutuhkan bantuan profesional dari layanan servis komputer atau dukungan teknis dari toko pembuat atau perakit komputer Anda.
Tool PC Analyzer

Yang disayangkan, jika Anda tidak memiliki alat PC Analyzer atau pun suku cadang hardware mengakibatkan Anda tidak tahu komponen hardware mana yang sebenarnya rusak. Dalam kondisi satu-satunya pilihan yang tersisa memang hanyalah mempercayakan komputer Anda untuk diperbaiki di layanan servis komputer profesional atau ke toko tempat Anda membeli dan merakit PC Anda.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »