3 Cara Mudah Mempercepat Koneksi Internet Android Anda

2:06 AM
Ponsel smartphone kita kadang tidak selalu berjalan sesuai keinginan kita, selalu saja ada hal yang menyebabkan turunnya performanya, maka wajiblah bagi kita untuk segera turun tangan bila hal tersebut terjadi. Salah satu performa yang dikeluhkan pengguna android smartphone adalah koneksi internet yang lambat, hingga saya memutuskan share 3 langkah mudah mempercepat koneksi internet android Anda. 3 trik ini bukanuntuk mengubah ponsel 3G Anda ke koneksi 4G, hehe. Namun paling tidak dapat mempercepat waktu loading browser android Anda atau memperbaiki masalah lag pada android yang sepertinya selalu datang ke ponsel kita.
3 Cara Mudah Memepercepat Koneksi Internet Android Anda

Baik, berikut ini 3 tips mempercepat koneksi internet android:

1. Hapus cache aplikasi Anda

Berbagai aplikasi yang terinstall dan berjalan di background, seiring berjalannya waktu akan dapat memakan habis memori system Anda. dari pertama cache-nya ukuran kb, lambat laun jika dibiarkan akan menjadi semakin besar hinga ukuran megabytes, dan itu adalah efek dari berbagai macam aplikasi yang terinstall dan berjalan di background.

Anda dapat secara manual membersihkan cache sampah, atau mendownload aplikasi pembersih seperti ccleaner for android untuk membersihkan semuanya.

Untuk melakukannya secara manual, pergi ke Settings (pengaturan), lalu pilih Applications. Pilih satu persatu aplikasi yang sering Anda gunakan, seperti misalnya browser, lalu kemudian cari tombol Clear Cache. Lalukan hal ini kepada semua aplikasi yang sering Anda pergunakan.

2. Periksa Pengaturan Jaringan

Jika Anda sering mengalami koneksi internet android yang parah, maka Anda perlu memeriksa setting pengaturannya. Masuk ke Settings, dan pilih Mobile Network Setting (kurang lebih seperti itu). Nama pasti pilihan pengaturannya berbeda untuk setiap ponsel, maka Anda harus berusaha sendiri menemukan setting itu. Pastikan ponsel Anda terkoneksi pada jaringan yang benar dan tidak dalam kondisi terbatasi jaringan edge / 2G.

Jika Anda pengguna ponsel 4G dan telah menggunakan kartu jaringan 4G, pastikan settingnya sudah benar dan pada posisi On.

Jika Anda pengguna ponsel 3G, pastikan setingnya tidak pada GSM atau CDMA only, paling tidak WCDMA pada posisi On.

Setiap perubahan yang Anda lakukan akan memerlukan waktu sekitar 30 detik atau lebih untuk dapat merasakan efeknya. Jadi sedikit bersabarlah dan pantau terus sinyal konektivitas di atas layar ponsel Anda.

3. Disable, Hapus atau uninstall aplikasi-aplikasi dan widget yang tidak dipakai 

Sebagian besar aplikasi dan widget relatif ringan, tetapi beberapa di antaranya menggunakan atau menyedot koneksi internet walaupun mereka tidak digunakan, karena mereka berjalan di background. Langkah pertama adalah menghapus widget-widget tak penting dari layar ponsel kita, tentunya widget yang tidak kita gunakan. Dengan menghapus widget tersebut dari layar depan tidak serta merta menghapus mereka dari ponsel kita, namun paling tidak menjadikan mereka tidak aktif di belakang layar.

Untuk benar-benar menghapus aplikasi Anda harus masuk ke menu Aplikasi. Dari dalam sini prosedur dapat bervariasi dari perangkat ke perangkat. Kadang-kadang Anda hanya dapat menekan dan tahan, tetapi biasanya Anda harus menemukan tombol menu dan tekan Edit atau Hapus Aplikasi.

Beberapa aplikasi tidak dapat dihapus. Aplikasi ini ditempatkan di ponsel oleh produsen, misalnya aplikasi bawaan Google atau bawaan pabrikan ponsel Anda. 

Demikianlah artikel 3 cara mudah mempercepat koneksi internet hp smartphone Anda. Semoga bermanfaat :)

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
apkandroid
AUTHOR
June 2, 2016 at 2:29 PM delete

info bagus nih
hp android bisa jadi cepet
terima kasih infonya

Reply
avatar