2 Cara Mudah Mengoptimalkan Kinerja VGA Komputer dan Laptop Anda

11:37 PM
Seperti yang kita ketahui, video graphic accelerator atau biasa disingkat dengan vga adalah salah satu komponen yang sangat vital perannya dalam sebuah PC atau laptop. Karena peran vital itulah, semestinya kita berusaha agar kondisi vga selalu optimal kinerjanya. Sehingga diharapkan segala beban tugas yang dikerjakan PC atau laptop kita, baik itu rendering, bermain game ataupun sekedar menonton film kesayangan, menjadi lancar dan tidak ada masalah apapun yang terjadi, hanya karena problem vga yang sebenarnya dapat kita cegah, yaitu dengan merawatnya sebaik mungkin. 
2 Cara Mudah Mengoptimalkan Kinerja VGA Komputer dan Laptop Anda

Lalu bagaimana caranya merawat vga dengan baik dan benar, berikut ini saya akan share pengalaman saya selama ini bergumul dan berkutat dengan PC kesayangan saya. 

1. Update Driver VGA Anda

Fungsi update driver tentunya adalah peningkatan kinerja pada video card Anda. Biasanya secara berkala produsen vga card selalu mengupdate driver terbaru di situ website mereka. Misalnya dua produsen raksasa Nvidia dan AMD Radeon, bisa kita rasakan persaingan panas tidak hanya pada hardware, namun software driver mereka semakin hari semakin keren karena efek persaingan tersebut. Jika Nvidia memiliki driver GeForce Experience, maka kini AMD Radeon juga memiliki driver AMD Crimson. Namun dengan catatan, biasanya update driver untuk tiap seri berbeda, maka cek dahulu seri vga Anda sebelum mengunduh driver update tersebut.
2 Cara Mudah Mengoptimalkan Kinerja VGA Komputer dan Laptop Anda

Lalu bagaimana dengan pengguna vga onboard intel HD? jangan khawatir, Anda pun bisa mencari update driver intel HD di situs resminya. Ingat cek selalu seri Intel HD Anda agar sesuai dengan update driver yang diunduh.


2. Jaga Kebersihan VGA

Selain pengoptimalan secara software (perangkat lunak), kinerja vga dapat dijaga dengan cara merawat kebersihan video card dari kotoran secara berkala. Debu-debu yang menempel pada vga akan dapat mengakibatkan kipas hsf menjadi tak berputar sama sekali, dan bahkan rusak. Akibatnya vga akan menjadi kepanasan atau overheating saat kita gunakan sehingga PC dapat hang, restart, atau BSOD (Blue Screen of Death).

Untuk vga pada laptop, kita cukup menjaga kebersihan laptop dari debu dan kotoran lainnya, seperti abu rokok jika Anda seorang perokok misalnya. Karena abu atau debu dapat menyumbat rongga-rongga pembuangan panas pada laptop sehingga mengakibatkan overheat pada komponen-komponen penting seperti vga dan prosesor. Kinerja pun akan melambat.
2 Cara Mudah Mengoptimalkan Kinerja VGA Komputer dan Laptop Anda

Pernah suatu ketika PC adik saya yang biasanya lancar bermain DOTA 2 tiba-tiba menjadi sangat lag / patah-patah. Dia menyangka itu karena virus, memang bisa sih karena sebab itu. Tapi ternyata setelah dicek tak ada satu pun virus. Saya pun mengecek dengan software gpuz, dan ternyata suhu vga tersebut menyentuh angka 100 derajat celcius. Saya lalu membuka CPU nya dan mendapati kipas vga tidak berputar dan rusak karena kotoran. Kami putuskan mengganti fan tersebut dengan yang kompatibel, akhirnya DOTA 2 pun lancar kembali dimainkan. 
2 Cara Mudah Mengoptimalkan Kinerja VGA Komputer dan Laptop Anda

Oiya, saat proses pembersihan tolong lakukan dengan hati-hati. Saya biasa menggunakan kuas cat yang bersih, gunakan secara perlahan hingga semua debu hilang. Saat memasang kembali vga, jangan lupa pasang kembali pin power vga dari power supply (jika vga Anda butuh power pin tambahan).

Sekedar saran saja, gunakan casing tertutup. Bagi sobat yang menggunakan casing terbuka atau memang sengaja dibiarkan terbuka, pastikan hewan serangga, kecoa, dan tikus tidak ada di ruangan Anda. Baru saja seorang kawan mendapati vga MSI GTX 970 4GB-nya rusak karena dikencingi tikus, sehingga saat dia menyalakan PC maka chipset vganya langsung terbakar. Sayang sekali teman saya ditolak garansi (masih ada garansi resmi) oleh distributor MSI karena alasan human error.

Mungkin itu saja Cara Mudah Mengoptimalkan Kinerja VGA Komputer dan Laptop yang dapat saya share kali ini, mungkin ada sobat yang mau menambahi silahkan monggo jangan sungkan...terimakasih.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
Anonymous
AUTHOR
April 7, 2016 at 12:27 AM delete

Bang macet ya pas mau battle pilih karakter macet

Reply
avatar