Cara Memperbaiki Komputer Yang Tak Menunjukkan Tanda-tanda aliran listrik Saat Dinyalakan

4:49 PM
Di antara banyak penyebab komputer tidak mau menyala, tidak masuknya aliran listrik dari PSU adalah skenario paling buruk. Ada kemungkinan PC Anda tidak menerima aliran listrik dikarenakan masalah yang serius tetapi bukan tidak mungkin masalahnya tak seberat itu.

Ada beberapa kemungkinan penyebab kenapa komputer desktop, laptop, atau tablet tidak mau dinyalakan, sehingga sangat penting untuk Anda mengikuti langkah-langkah prosedur troubleshooting yang saya uraikan di bawah ini.

Penting: Jika nampak komputer Anda sepertinya menerima aliran listrik(lampu indikator power menyala, kipas berputar, dll), meskipun itu cuma sebentar, bacalah "Inilah Cara Memperbaiki Komputer yang Tidak Mau Menyala" untuk panduan yang lebih detail.

Tingkat kesulitan: Standar / Rata-rata

Waktu yang dibutuhkan: Bisa beberapa menit sampai beberapa jam tergantung pada penyebab kenapa komputer tak menerima aliran listrik.

Apa yang Anda Butuhkan: Adaptor AC Anda jika Anda memperbaiki tablet atau laptop, dan juga obeng jika Anda memperbaiki PC desktop.

Cara Memperbaiki Komputer yang Tak Menunjukkan Tanda-tanda aliran listrik

Percaya atau tidak, alasan utama kenapa komputer tak mau menyala adalah karena memang belum dinyalakan.

Sebelum Anda membuang waktu dengan proses troubleshooting, pastikanlah Anda sudah menyalakan setiap tombol power yang berhubungan dengan komputer Anda:
  • Tombol power, biasanya terletak di depan casing komputer desktop atau di atas / di samping sisi laptop atau tablet.
  • Tombol power yang terletak di belakang, biasanya hanya pada komputer desktop.
  • Tombol power pada saklar listrik, stabilizer atau UPS jika Anda menggunakan salah satunya.

1. Periksa kemungkinan kabel power yang putus. Sebuah kabel listrik yang longgar atau atau tak sengaja tercabut adalah salah satu alasan utama mengapa komputer tidak mau menyala.

Tips Laptop & Tablet: Meskipun komputer Anda menggunakan baterai, Anda harus memastikan bahwa adaptor AC terpasang dengan baik, setidaknya selama proses perbaikan ini. Jika Anda sudah terbiasa menjalankan komputer Anda dengan kondisi tercas, bisa saja Anda tanpa sengaja menggoyangkan kabelnya sehingga longgar hingga tak sadar kalau baterainya telah kosong, komputer Anda mungkin tidak mendapatkan daya untuk alasan sepele ini.

2. Tancapkan langsung kabel power tablet, laptop atau pc desktop Anda ke sumber listrik di dinding rumah Anda. Dengan kata lain copot dahulu stabilizer dan UPS atau semuanya yang membuat komputer tidak berhubungan langsung ke saklar listrik Anda yang biasa terpasang di dinding.

Jika komputer Anda mau menyala setelah melakukan ini, Anda berarti telah menemukan sumber masalahnya pada peralatan-peralatan tadi(stabilizer/UPS yang rusak). Jika komputer tetap tidak menyala setelah melakukan hal ini tadi, tetaplah mengikuti panduan ini dengan kondisi kabel power langsung ke sumber listrik di dinding rumah Anda.

3. Lakukan "test lampu" untuk memastikan aliran listrik mengalir dari saklar di dinding Anda. Komputer Anda tentu tak mau menyala jika terjadi masalah pada sumber listrik Anda, maka tentu Anda harus memastikan saklar listrik di dinding Anda tak bermasalah.

Catatan: Saya tidak menyarankan pengujian saklar menggunakan multimeter. Kadang-kadang arus listrik yang cacad tetap mempunyai kekuatan untuk mampu menyalakan multimeter dengan normal. ujilah dengan pemakaian yang sebenarnya, seperti menyalakan lampu pada saklar listrik tersebut saya rasa pilihan yang lebih tepat.

4. Pastikan saklar power supply telah diatur dengan benar jika Anda menggunakan komputer desktop. Jika tegangan input untuk unit power supply (PSU) tidak sesuai dengan yang berlaku di negara Anda, komputer Anda mungkin tidak menyala sama sekali.

5. Lepaskan baterai dari laptop atau tablet Anda dan cobalah menggunakan adaptor AC saja. Sama sekali tidak masalah kita menjalankan laptop tanpa baterai terpasang.

Jika komputer Anda menyala setelah mencoba ini, itu berarti bahwa baterai Anda adalah penyebab masalah dan Anda harus menggantinya. Sampai Anda mendapatkan gantinya, saya rasa bebas untuk menggunakan laptop Anda, asalkan Anda dekat dengan stop kontak tentunya!

6. Cobalah dengan hati-hati memeriksa sumber penerima daya listrik di laptop atau tablet Anda. periksalah mungkin ada pin yang rusak/bengkok atau mungkin ada kotoran-kotoran yang mencegah aliran daya ke listrik/tablet Anda.

Catatan: Selain meluruskan pin bengkok atau membersihkan kotoran, Anda mungkin akan perlu mencari jasa layanan perbaikan komputer profesional untuk memperbaiki masalah besar yang Anda temukan di sini. Pastikan untuk melepas baterai internal laptop untuk menghindari risiko sengatan listrik jika Anda mengerjakannya sendiri.

7. Ganti kabel power komputer atau adaptor AC. Pada desktop, ini adalah kabel listrik yang membentang antara power supply dan sumber daya di dinding. AC adaptor untuk tablet atau laptop adalah kabel yang Anda pasang di dinding untuk mengisi baterai Anda (biasanya memiliki lampu kecil di atasnya).

Sebuah adaptor AC yang buruk adalah alasan umum mengapa tablet dan laptop tidak akan menyala sama sekali. Bahkan walaupun Anda jarang menggunakan kabel tersebut, jika gagal menyalakan laptop/tablet dengan kabel adaptor ac maka adaptor tersebut juga akan gagal dalam pengisian baterai.

Tips untuk PC desktop: Sebuah kabel power yang jelek/rusak bukanlah penyebab umum dari komputer tidak menerima daya tetapi bisa saja itu terjadi dan sangat mudah untuk mengujinya. Anda dapat menggunakan kabel power monitor Anda (jika kemudian komputer mau menyala), maka Anda tinggal membeli kabel power baru.

8. Mengganti baterai CMOS, terutama jika usia komputer Anda sudah lebih dari beberapa tahun atau jarang digunakan untuk waktu yang lama. Percaya atau tidak, baterai CMOS yang buruk merupakan penyebab yang umum dari komputer yang nampak tak ada arus listrik yang mengalir.

Baterai CMOS baru harganya antara lima ribu hingga sepuluh ribu rupiah dan dapat dibeli hampir di semua toko aksesoris komputer.

9. Pastikan power daya dari psu(power supply) tidak kendor dan terhubung kuat ke motherboard jika Anda menggunakan  PC desktop. Ini bukan hal yang sangat umum, tetapi PC Anda mungkin tidak menyala karena konektor power tidak tersambung dengan benar ke motherboard.

Tip: Sebuah laptop atau tablet memiliki konektor yang sama antara psu dan motherboardnya, tapi hampir mustahil untuk membongkar pasang perangkat tersebut sendirian.

10. Test power supply Anda, jika Anda menggunakan PC desktop. Pada panduan ke 10 ini, setidaknya untuk para pemakai PC desktop, sangat mungkin sekali bahwa unit power supply di komputer Anda tidak lagi bekerja dan harus diganti. Namun Anda harus mengujinya dahulu hanya untuk memastikan. Tidak ada alasan untuk mengganti sebuah hardware tanpa mengujinya dahulu dan pengujiannya pun cukup mudah.

Pengecualian: Sebuah bau menyengat atau suara berisik dari psu, dikombinasikan dengan komputer yang tak ternyalakan sama sekali, merupakan indikasi psu Anda sudah rusak. Segera lepaskan kabel power komputer Anda dan lewati ujian ini.

Ganti power supply Anda. Setelah penggantian, biarkan komputer terhubung selama 5 menit sebelum Anda  mulai menyalakan komputer kembali, sehingga baterai CMOS memiliki waktu untuk mengisi ulang.

Penting: Dalam kebanyakan kasus ketika sebuah komputer desktop tidak menerima daya, biasanya power supply yang rusak seringkali menjadi penyebabnya. Penyebab berikutnya setelah ini bisa diujikan juga namun jarang sekali terjadi.

11. Menguji tombol power di bagian depan casing komputer Anda dan menggantinya jika ternyata memang rusak. Ini berlaku untuk komputer desktop saja.

Tips: Tergantung pada bagaimana kasus komputer Anda dirancang, Anda mungkin dapat menggunakan tombol reset sementara untuk berubah fungsi menjadi tombol power pada PC Anda.

Tips: Beberapa motherboard memiliki tombol daya kecil untuk langsung menyalakan power dari tombol itu, hal ini merupakan cara yang lebih mudah untuk menguji tombol power pada casing komputer Anda normal. Jika motherboard Anda memiliki tombol ini, dan ternyata komputer Anda menyala, tombol power pada casing komputer mungkin perlu diganti.

12. Ganti motherboard Anda jika Anda menggunakan PC desktop. Jika Anda yakin bahwa saklar dinding, power supply, dan tombol power casing normal bekerja, kemungkinan terburuk ada masalah dengan motherboard PC Anda dan harus diganti.

Catatan: Mengganti motherboard secara sempurna bisa dilakukan oleh siapa saja dengan sedikit kesabaran. Pastikan Anda telah kehabisan semua saran pemecahan masalah lainnya yang sudah saya berikan di atas sebelum mengganti motherboard Anda.

Catatan: Saya sangat menyarankan Anda menguji komputer Anda dengan alat untuk test kesehatan motherboard(biasanya namanya PC Analyzer) sekedar memastikan bahwa motherboard adalah penyebab komputer Anda tidak menyala sama sekali.
 
PC Analyzer - alat pendeteksi kerusakan pada komponen mobo
Penting: Mengganti motherboard mungkin adalah tindakan yang tepat bila kondisi ini terjadi pada tablet / laptop, tetapi motherboard tablet / laptop sangat jarang dapat diganti oleh pengguna sendiri. Saran terbaik adalah mencari servis komputer profesional untuk tablet / laptop Anda.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »