Inilah Cara Memperbaiki Komputer yang Tidak Mau Menyala

4:43 PM
Adalah sebuah cara mengerikan dalam memulai hari - Anda Menekan tombol power pada komputer Anda dan tidak ada tanda-tanda sebuah kehidupan. Bahkan ada beberapa problem komputer yang lebih membuat stress daripada problem komputer yang tidak mau menyala.

Ada berbagai macam sebab kenapa komputer tidak mau menyala dan seringkali sangat sedikit sekali petunjuk tentang apa yang mungkin menjadi masalahnya. Satu-satunya gejala biasanya hanyalah sebuah fakta sederhana bahwa "tidak ada yang berhasil" untuk menyalakannya.

Tambahkan sebuah fakta akan penyebab komputer Anda tidak mau menyala bisa jadi terjadi akibat rusaknya komponen mahal seperti motherboard atau processor.


Jangan takut karena tidak mungkin semua komponennya rusak! Inilah hal-hal yang perlu Anda lakukan :

1. Baca Langkah 1 di bawah(itu akan membuat Anda merasa lebih baik)

2. Pilih panduan tips terbaik(Langkah 2 sampai 9) berdasarkan pada bagaimana gejala problem pada komputer Anda atau langkah 10 jika komputer Anda berhenti pada satu titik dengan sebuah pesan error.

Catatan: Panduan tips di bawah ini berlaku untuk semua perangkat PC. Dengan kata lain, ini semua akan membantu jika PC atau laptop Anda tidak mau menyala, atau bahkan membantu problem gadget tablet Anda yang juga tak mau menyala. Saya akan menyebutkan sedikit perbedaannya pada setiap perangkat nanti.

Dan juga, semua dapat dipraktekkan tak peduli pada OS yang Anda install di harddisk, tak masalah sistem operasi yang Anda pakai Windows 8, Windows 7, Windows Vista dan Windows XP. Langkah 1 sampai 5 bahkan berlaku untuk sistem operasi PC lain seperti Linux.

1. Jangan Panik! Data Anda mungkin aman
Ketika berhadapan dengan komputer yang tidak mau menyala kebanyakan orang cenderung panik, khawatir bahwa semua data pada PC mereka hilang selamanya.

Memang benar bahwa alasan paling umum komputer tidak menyala karena hardware telah gagal atau rusak tetapi hardware itu biasanya bukan harddisk, bagian dari komputer Anda yang menyimpan semua file Anda.

Dengan kata lain, musik, dokumen, email, dan video yang mungkin aman - hanya tidak dapat diakses pada saat ini.

Jadi ambillah napas dalam-dalam dan cobalah untuk tetap santai. Ada kesempatan baik dimana Anda akan paham mengapa komputer Anda tidak mau menyala dan kemudian memperbaikinya sehingga komputer Anda berjalan normal kembali seperti sediakala.

2. Komputer Menunjukkan tak ada tanda-tanda Power supply menyala
Coba langkah-langkah ini jika komputer Anda mau menyala dan tidak menunjukkan tanda-tanda sama sekali menerima asupan dari power supply - tidak ada kipas yang berputar dan tidak ada lampu indikator menyala di laptop atau tablet, atau di depan casing komputer jika Anda menggunakan desktop pc.

Penting: Anda mungkin tidak melihat lampu indikator di bagian belakang PC desktop Anda tergantung pada jenis power supply yang Anda miliki dan mungkin power supply inilah penyebab pasti masalah komputer Anda. Ini berlaku pula untuk adaptor daya yang digunakan pada tablet atau laptop.

Cara Memperbaiki Komputer Yang Tidak ada Tanda-tanda powerMenyala

Catatan : Jangan mengkhawatirkan kondisi monitor, dengan asumsi Anda menggunakan PC dekstop atau layar eksternal. Jika komputer tidak menyala karena power supply yang bermasalah wajarlah jika monitor tidak menampilkan gambar apapun pada layarnya. lampu indikator monitor biasanya berubah berwarna kuning jika komputer berhenti mengirim informasi kepada monitor.

3. Power Komputer Menyala Sebentar dan Kemudian Mati Lagi
Ikuti langkah-langkah ini jika ketika Anda menghidupkan komputer Anda, sebentar kemudian mati lagi.
Anda mungkin akan mendengar kipas di dalam komputer Anda menyala, melihat beberapa atau semua lampu indikator komputer Anda menyala atau berkedip, dan sebentar kemudian mati lagi.

Cara Memperbaiki Komputer yang Menyala sebentar lalu Mati lagi

Anda tidak akan melihat apa-apa di layar dan Anda mungkin mendengar atau tidak mendengar tanda bunyi bip dari komputer sebelum mati lagi dengan sendirinya. Dalam kondisi ini jangan khawatirkan dahulu tentang monitor Anda.

4. Komputer Menyala Tetapi Layar Tak Menampilkan Apapun
Jika komputer Anda tampak menerima asupan power setelah menyalakannya tetapi Anda tidak melihat apa-apa di layar, cobalah panduan langkah-langkah solusi berikut ini.

Dalam situasi ini, lampu indikator power tetap menyala, Anda mungkin akan mendengar suara kipas di dalam komputer Anda berputar, dan Anda mungkin atau mungkin tidak mendengar satu atau lebih bunyi beep yang berasal dari komputer.

Cara Memperbaiki Komputer yang Menyala Namun Tak Tampil Apapun Di Layar

Situasi ini mungkin adalah hal yang paling umum dalam pengalaman saya menghadapi problem komputer yang tidak menyala. Sayangnya itu merupakan salah satu problemkomputer yang paling sulit untuk dipecahkan.

5. Komputer Hang atau Restart Terus menerus Selama Proses POST(Power On Self Test)
Gunakan panduan ini dalam kondisi komputer Anda menyala, menunjukkan setidaknya sesuatu di layar, tetapi kemudian berhenti, membeku, atau reboot berulang-ulang selama Power On Self Test (POST).
Proses POST(Power On Self Test)

POST pada komputer Anda mungkin terjadi di latar belakang, di belakang logo pabrikan motherboard komputer Anda, atau Anda dapat dengan jelas melihat hasil tes hang atau pesan lain di layar.

Cara Memperbaiki Komputer yang Hang atau Restart Terus Menerus selama POST

Penting: Jangan gunakan langkah panduan ini jika Anda mengalami masalah selama sistem operasi loading, yang terjadi setelah Power On Self Test selesai. Masalah problem sistem operasi yeng berkaitan dengan itu dimulai pada langkah no.6

6. Windows Mulai loading Tapi Berhenti(hang) atau Restart Dengan Kondisi Bluescreen(BSOD)
Jika komputer Anda mulai loading Windows tetapi kemudian berhenti/hang dan menampilkan pesan layar biru maka cobalah langkah-langkah berikut ini. Anda mungkin melihat atau mungkin tidak melihat layar Windows tampil sebelum layar biru muncul.


Jenis kesalahan ini sering disebut hang tetapi lebih sering disebut sebagai Blue Screen of Death atau BSOD. Menerima kesalahan BSOD adalah alasan umum mengapa komputer tidak menyala.

Cara Memperbaiki BSOD (Blue Screen Of Death)

Penting: Pilih panduan mengatasi masalah ini jika layar sekilas menampilkan pesan BSOD lalu komputer restart kembali tanpa memberikan Anda waktu untuk membaca apa yang tertulis.

7. Windows Mulai Loading Tapi Berhenti(hang) atau Restart namun Tanpa Pesan Kesalahan
Cobalah langkah-langkah ini ketika komputer Anda menyala, mulai loading Windows, tapi kemudian membeku atau hang, berhenti, atau reboot berulang-ulang tanpa menghasilkan pesan kesalahan apapun.


Penting: Jika Anda menduga bahwa Power On Self Test mungkin masih berlangsung dan bahwa Windows belum mulai booting, panduan mengatasi masalah yang kami sarankan mungkin adalah langkah ke 5 di atas. Perbedaan problem ini memang tipis sekali dan kadang-kadang sulit untuk dikatakan.

Cara Memperbaiki Komputer yang Hang dan Restart Saat Mulai Startup Windows

Catatan: Jika komputer Anda tidak menyala dan Anda melihat layar biru sekilas atau hang pada layar, Anda mengalami Blue Screen of Death dan harus menggunakan panduan mengatasi masalah No. 6 di atas.

8. Windows Berulang kali Kembali ke seting Startup atau ABO(Advanced Boot Options)
Gunakan panduan ini ketika yang nampak pada komputer hanya pengaturan Startup (Windows 8 - lihat gambar) atau Advanced Boot Options (Windows 7 / Vista / XP) muncul pada layar setiap kali Anda me-restart komputer dan tidak ada satupun pilihan satrtup Windows bekerja.




Dalam situasi ini, tidak peduli pilihan startup manapun yang Anda pilih, komputer Anda akhirnya berhenti, membeku, atau restart sendiri, setelah itu Anda menemukan diri Anda segera kembali pada pilihan menu Startup Settings atau Advanced Boot Options. begitu terjadi berulang-ulang.

Cara Memperbaiki Komputer yang selalu berhenti/Hang saat Menu Startup atau ABO

9. Windows Berhenti atau Reboot Setelah Layar Login
Coba panduan tips ini ketika komputer Anda menyala, Windows menunjukkan layar login, tapi kemudian membeku, berhenti, atau reboot berulang dipilihan login.


Cara Memperbaiki Komputer yang Berhenti/Hang atau Restart pada saat Windows login

Gejala hang dan restart mungkin terjadi pada layar login windows, padahal tulisan welcome sudah muncul atau pada saat-saat windows sudah loading penuh.

10. Komputer Tidak Mau Menyala Dengan Sebuah Pesan Kesalahan
Jika komputer Anda menyala tapi kemudian berhenti atau membeku pada setiap titik, kemudian menunjukkan sebuah pesan kesalahan, maka gunakanlah panduan ini untuk mengatasi masalah tersebut




Cara Memperbaiki Komputer yang Tidak Mau Menyala Saat Startup dengan Sebuah Pesan Error

Pesan error mungkin saja muncul pada setiap tahap selama proses boot komputer Anda, termasuk selama POST, setiap loading Windows, atau mungkin sudah proses masuk menu di desktop Anda.

Demikianlah panduan cara memperbaiki komputer yang tidak mau menyala, semoga bermanfaat bagi Anda. Terimakasih telah membaca.

(Catatan : beberapa sub artikel masih dalam proses, so stay tune for the next update)

Artikel Terkait

Previous
Next Post »