Siapa yang akan menyangka bahwa
sebuah divisi studio video game dengan lisensi film akan menjadi salah satu
penerbit terkemuka di industri video game?
Setelah beberapa tahun lalu
mengakuisisi dan membangun studio game serta bermitra dengan para pengembang
game yang berbakat, Warner Bros. Interactive menjadi sebuah kekuatan yang layak
diperhitungkan di antara raksasa penerbit game seperti EA, Activision dan
Ubisoft.
Setelah sukses beberapa tahun
lalu dengan seri game Batman Arkham, Mortal Kombat dan game-game bermerk LEGO,
tahun 2015 ini Warner Bros Interactive sementara ini menjadi salah satu
penerbit game yang menakutkan, setidaknya begitu sampai akhir tahun nanti.
Hadir dengan kekuatan penuh saat
musim gugur tahun lalu dengan game terdahsyat berjudul Middle Earth: Shadow of
Mordor, Warner Bros membuka tahun 2015 dengan game Dying Light yang menjadi
judul terlaris januari lalu.
WB melanjutkan serangan-nya pada
bulan April dengan Mortal Kombat X yang tercatat sebagai game dengan tingkat
penjualan tertinggi bulan tersebut, diikuti oleh game mereka "The Witcher
3: Wild Hunt" pada bulan Mei yang juga mengambil peringkat pertama dalam
penjualan game-game di pasaran. Saat ini, sekali lagi Warner Bros berada di
posisi teratas dengan game Batman: Arkham Knight yang merupakan game terlaris
pada bulan Juni, meskipun Warner harus menghentikan penjualan versi PC-nya
karena ada kesalahan teknis.
Selama ketiga bulan tersebut
game-game Warner Bros selalu menjadi nomor satu dalam penjualannya dan selama
empat dari enam bulan terakhir ini selalu terlihat WB games selalu ada dalam
peringkat atas penjualan. Dominasi Warner Bros tidak berhenti disitu. Laporan
NPD menunjukkan pada bulan Juni lalu dari 10 game terlaris, empat judul
diantaranya diterbitkan oleh Warner Bros (Arkham Knight, The Witcher 3: Wild
hunt, Lego: Jurrassic World, dan Mortal Kombat X).
"Dengan Juduljudul terlaris
seperti Batman: Arkham Knight, Thw Witcher 3: Wild hunt, Mortal Kombat X dan
Dying Light maka Warner Bros Interactive menjadi perusahaan penerbit game
teratas sampai pertengahan 2015 ini, dengan keuntungan penjualan naik sekitar
217 persen dibanding semester pertama tahun 2014 lalu," kata David Riley,
Direktur Eksekutif, Corporate Marketing/ Public Relations, Grup NPD.
Dan tahun ini belumlah berakhir.
Pada tanggal 1 September akan meluncurkan "Mad Max" sebuah judul game
yang sangat diantisipasi gamer, diikuti oleh "Lego Dimensions" pada
27 September, yang merupakan upaya besar perusahaan untuk masuk ke dalam pasar
mainan yang dibuat video gamenya yang telah terlihat kesuksesannya seperti
waralaba Activision Skylander dan Disney's Infinite games. Ada juga Lego Marvel
Avengers yang akan diluncurkan saat musim gugur nanti.
Tidak meragukan memang bahwa
Warner Bros memiliki sedikit kesempatan di tahun ini, dengan strategi memilih
merilis game mereka di semester awal tahun yang mana tidak ada banyak
persaingan pasar. Sebagian besar penerbit game raksasa merilis judul game
terbaik mereka selama musim liburan, lalu saling bersaing demi mendapatkan
penjualan terbanyak. Seperti tahun lalu Warner Bros Interactive telah
berhadapan dengan "Anjing Besar" dan harus berhadapan langsung dengan
EA, Activisons dan Ubisoft saat musim liburan ketika merilis game Middle-Earth:
Shadow of Mordor. Yang mana terlihat hasilnya tak begitu buruk.
Dapatkah mereka menjaga momentum
untuk menjadi penerbit game teratas tahun ini? kita lihat saja nanti.
EmoticonEmoticon