Genre: RTS & Action, Tanggal Rilis: Juni 2006, Developer: Stainless Steel Studios, Publisher: Midway Games, Mode: Single-player & multiplayer
Ide bagus dan inovatif saja sering kali tidak cukup. Kata kunci yang menetukan keberhasilan adalah bagaimana proses implementasinya. Rise and Fall: Civilizations at War menjadi salah satu contoh bagaimana ide yang bagus tidak didukung implementasi yang baik.
Rise and Fall: Civilization at War adalah gabungan antara game real time strategy dan action. Konsepnya cukup menarik karena menyatukan beberapa peradaban besar yang pernah ada dalam satu rentang waktu. Semakin menarik karena game ini mencatut beberapa nama besar dalam sejarah. Anda bisa memainkan baik Alexander maupun Cleopatra dalam dua campaign yang tersedia dalam mode single player.
Rise and Fall menuntut resources yang relatif sedikit dibanding game sejenis, yakni hanya wood, gold, dan glory. Poin glory mirip experience. Poin ini memungkinkan Anda meng-upgrade hero maupun unit pasukan. Permainan cukup menyenangkan, setidaknya saat Anda membangun kota dan pasukan. namun tidak demikian saat penyerangan. Tembok benteng lawan ternyata terlalu kokoh untuk dihancurkan. Anda hanya bisa memanjatnya dengan tangga, tetapi ini pun tak mudah. Beberapa catapult di atas benteng dapat menghancurkan seluruh pasukan sebelum bisa mendekati benteng. Bahkan ketika pasukan berhasil naik ke atas sekalipun, catapult ini bisa berubah arah dan menembaki pasukan Anda yang berada di atas benteng mereka sendiri! Luar biasa, hehe.
Keganjilan ditemui pula dalam mode Hero. Mode ini memungkinkan Anda mengontrol hero dalam perspektif orang ketiga, layaknya sebuah game action adventure. Ide ini sebenarnya juga cukup menarik, sayangnya Midway agak terlalu antusias. Tugas yang diberikan bagi sang hero cenderung membuat frustasi. Hal ini diperburuk oleh adanya bug pada grafik. Sebagai contoh, panah lawan yang bisa menembus tembok dan mengenai hero Anda. Akibatnya, impresi sesaat akan kualitas grafik yang detail seolah buyar begitu saja. Namun bagaimana pun memainkan untuk menikmati permainan dan grafik game ini sudah cukup menyenangkan hati, hehe.
Spesifikasi PC Minimum untuk memainkan Rise and Fall Civilizations at War:
CPU: Pentium III 1.4 GHz/Athlon 2000+ /Sempron 2200+ or better
CPU Speed: Pentium III 1.4 GHz/Athlon 2000+ /Sempron 2200+ or better
RAM: 256 MB
OS: Windows 2000/XP
Video Card: 64MB VRAM Directx 9.0b compatible (NVIDIA GeForce3+ / ATI Radeon 8500+)
DirectX version: DirectX 9.0b (included on disc)
Sound Card: Yes
Free Disk Space: 3 GB
EmoticonEmoticon