Cara Menggunakan CCleaner

6:14 AM
CCleaner sangat mudah sekali diinstall. Anda bisa langsung membuka halaman situs resminya dan memilih pilihan install yang sesuai dengan selera Anda.

Pilih versi "Installer" atau "Slim" untuk menginstall CCleaner sebagaimana Anda menginstall program-program lainnya. Pilih versi "Portable" Jika Anda ingin menjalankan CCleaner langsung lewat flashdisk, tinggal ekstrak dulu filenya sebelum Anda menjalankan aplikasinya.

Saat CCleaner sudah berjalan, ikuti langkah-langkah ini untuk membersihkan registri:

1. Klik ikon registri di sebelah kiri

2. Pada tab "Registry Cleaner", pastikan semua opsi sudah dicentang.

Catatan: Jika Anda ingin membatasi pembersihan yang akan dilakukan CCleaner Anda bisa memilih untuk tidak mencentang beberapa opsi sesuai keinginan Anda itu. Misalnya, Anda menemukan error saat windows menyala dengan error tentang program yang sudah Anda hapus, Anda bisa mencentang opsi "run at startup" saja.

3. Klik tombol "Scan for issues". CCleaner selesai menscan file-file yang sudah tidak dibutuhkan di registri kita saat progress bar berwarna hijau mencapai 100%.

4. Klik tombol "Fix selected issues".  

Catatan: semua entri registri yang CCleaner temukan dicentang secara default, Anda bisa menghilangkan tanda centang jika ingin tetap mempertahankan entri tersebut. Salah satu alasan terbaik bahwa CCleaner lebih bagus dari program lainnya yang sejenis adalah hal itu tadi. Anda bisa leluasa dengan mudah menghapus entri-entri yang Anda inginkan. 

5. Klik tombol "yes" saat muncul kotak dialog yang menanyakan "Do you want to backup changes to the registry?".

6. Kemudian pilih tempat yang tepat untuk menyimpan backup registri, lalu klik "Save".

File ini dapat digunakan untuk membatalkan perubahan yang telah dilakukan CCleaner tadi.

7. Pada layar berikutnya, klik "Fix All Selected Issues".

8. Klik "Close" setelah semuanya selesai. Prosesnya mungkin hanya butuh waktu satu atau dua detik, sampai beberapa detik tergantung banyaknya entri registri yang dihapus atau diubah dan juga tergantung pada kecepatan komputer kita.

9. Sekarang Anda dapat menutup program CCleaner atau melanjutkan CCleaner membersihkan sistem dengan tugas-tugasnya yang lain selain memperbaiki registri.

Dokumentasi lengkap CCleaner sepenuhnya ada di situs Piriform dan merupakan sumber yang sangat lengkap jika Anda masih memerlukan bantuan. 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »