10 Mouse Gaming Terbaik Untuk RIG Gaming Anda

8:28 PM
Ketika mouse komputer ditemukan dan menjadi perangkat utama input untuk PC pada tahun 1980-an tak pernah terpikirkan kala itu suatu saat akan ada mouse yang dibuat khusus untuk bermain game. Saya memahaminya, semua tentu karena tahun 1980-an belum banyak variasi game karena game komputer saat itu masih sangat sederhana sekali.


Beberapa tahun terakhir ini mouse gaming telah berevolusi total dengan berbagai macam model, pabrikan dan spesifikasi teknis yang lebih tinggi dari sebelumnya.Jika Anda merasa mouse PC standar Anda sudah usang untuk bermain Starcraft II dan Call of Duty Advanced Warfare selama berjam-jam atau pun jika Anda ingin merasakan aroma citarasa baru dalam bermain game maka Anda perlu membaca daftar gaming mouse terbaik saya berikut ini.

1. Steel Series Xai
Jenis koneksi: kabel, jumlah tombol: 8, CPI/DPI: 100-5001, kecepatan: 30g, inch/detik: 150


Steel Series adalah produsen yang sudah terkenal sebagai pembuat gaming gear dan aksesoris kelas high end, dan untuk produk mouse mereka punya branded Xai yang sudah sangat populer bagi kalangan gamer. Desainnya yang nyaman dipegang dan sangatlah sempurna untuk siapa pun yang memakainya, dibalut fitur dan spesifikasi high end seperti sensor laser HD, 12.000 fps dan setingan CPI 100-5001. Memang mungkin produk lainnya punya spesifikasi yang lebih tinggi tapi cuma kisaran kurang lebih 20-30% saja. Mouse Xai juga memiliki LCD display yang tertanam pada mouse yang berfungsi untuk membuat profil pengguna dan mengubah pengaturan mouse tersebut, dan hebatnya semua seting tersimpan dalam dalam memori Xai sendiri sehingga seolah-olah mousenya memiliki "software independen" di dalamnya. 

2. Razer Mamba
Jenis koneksi: kabel dan tanpa kabel, jumlah tombol: 7, CPI/DPI: 5600, kecepatan: 50g, inch/detik: 200


Razer Mamba menawarkan beberapa spesifikasi teknis tertinggi daripada semua mouse dalam daftar artikel ini. Tetapi juga diikuti dengan harga yang mahal di antara daftar ini. Boleh dikatakan Razer Mamba menawarkan pengalaman gaming terbaik dengan dukungan kabel atau tanpa kabel tergantung selera Anda. Mamba juga memiliki 7 tombol makro yang dapat diprogram oleh pengguna, memori built ini untuk menyimpan profil yang berbeda dan baterai yang mampu bertahan 14 jam terus menerus bermain game dalam sekali cas.

3.  Cyborg R.A.T. 9
Jenis koneksi: tanpa kabel, jumlah tombol: 7, CPI/DPI: 5600, kecepatan: 50g, inch/detik:236


Mouse Cyborg R.A.T. dari MadCatz terlihat cukup unik atau terlihat sangat ajaib menurut saya. Setiap model seri memiliki pilihan pengaturan agar bisa enak dan nyaman pada saat digenggam oleh tangan Anda. Spesifikasi teknis R.A.T.9 mungkin seimbang atau bahkan lebih baik daripada yang ada di daftar kami, kabar buruknya harganya juga terbilang mahal. MadCatz membuat tiga versi lain dari mouse Cyborg R.A.T, diantaranya R.A.T.7 yang merupakan versi yang masih menggunakan koneksi kabel. Perbedaanya hanya itu dibanding R.A.T. 9 , sedangkan R.A.T. 5 dan 3 keduanya punya pengaturan yang bagus juga tentunya tetapi dengan spesifikasi teknis di bawah kakak-kakaknya.

4. Logitech G700
Jenis koneksi: tanpa kabel, jumlah tombol: 13, CPI/DPI: 200-5700, kecepatan: 30g, inch/detik: 165

Logitech wireless G700 ada di puncak mouse terbaik untuk urusan CPI/DPI yang mana dapat diatur hingga 5700. Pada faktanya semua mouse besutan gaming besutan Logitech memiliki DPI hingga 5700. Yang menonjol dari G700 adalah jumlah tombol yang sangat banyak dibandingkan mouse gaming lainnya. dengan 13 tombol yang dapat diprogram sesuai selera Anda, diharapkan para pc gamer dapat menyimpan banyak setingan makro untuk berbagai game yang mereka mainkan. Mouse logitech G700 juga memiliki fitur antara bisa menggunakan kabel atau tanpa kabel seperti yang ditawarkan oleh Razer Mamba.


5. Razer Naga
Jenis koneksi: kabel, jumlah tombol: 17, CPI/DPI:5600, kecepatan: N/A, inch/detik; 200


Razer Naga sebenarnya adalah satu-satunya mouse gaming di daftar saya yang tujuan utamanya untuk bermain berbagai game MMORPG(Massively Multiplayer Online Role Playing Game). Razer Naga memiliki 17 tombol yang semuanya bisa diprogram untuk menyimpan berbagai perintah makro pengguna. ke 12 tombol terletak pada posisi yang sangat mudah dijangkau jari kita. Razer Naga dipaketkan termasuk sebuah software untuk mengatur tombol makro dan menyimpan setingan pengguna untuk memainkan berbagai game MMORPG.

6. steel Series Ikari
Jenis koneksi: kabel, jumlah tombol: 6, CPI/DPI: 3200, kecepatan: 20g, inch/detik: 50


Steel series Ikari mungkin terlihat cupu jika dibandingkan spesifikasi teknis mouse lain dalam daftar kita kali ini. Tetapi di dunia gaming, walaupun telah berumur Ikari tetaplah mouse gaming dengan penjualan terbaik dan disukai oleh banyak gamer profesional. Steel series telah melakukan perubahan besar ke arah yang lebih baik dengan melakukan upgrade sensor mouse-nya dari sensor optik ke sensor laser. Jika dilihat memang CPI/DPI mouse ini terbilang sangat rendah dibandingkan mouse lain, tetapi jika Anda memakainya maka Anda tak kan sanggup membedakan mana yang dpi rendah / tinggi. Jika Anda sedang mencari mouse gaming berkualitas level menengah maka Ikari harus Anda catat dalam daftar pencarian Anda.

7. Razer Deathadder
Jenis koneksi: kabel, jumlah tombol: 5, CPI/DPI: 3500, kecepatan:15g inch/detik:120


Serupa dengan Steel series Ikari, Razer Deathadder sudah berkecimpung selama beberapa tahun lalu di dunia gaming dan spesifikasi yang rendah serta harga yang murah cukup untuk membuktikannya. Razer Deathadder sebelumnya merupakan mouse unggulan dari Rzaer, namun sekarang levelnya turun ke mouse entry level di antara produk-produk mouse mereka. Sama seperti Ikari sensornya telah diupgrade dari optik ke laser dan Razer Deathadder merupakan sebuah pilihan yang bagus untuk mouse gaming entry level tentunya.

8. Microsoft Sidewinder X8
Jenis koneksi: tanpa kabel, jumlah tombol: 7, CPI/DPI: 4000, kecepatan: 75g, inch/detik:120


Microsoft Sidewinder X8 merupakan jajaran tertinggi dari mouse gaming besutan Microsoft, mempunyai spesifikasi dan fitur yang mengesankan namun harganya yang relatif mahal menjadikannya turun ke peringkat agak bawah. Sidewinder X8 memiliki 7 tombol makro, juga memiliki akselerasi kecepatan paling baik di antara daftar ini. Sidewinder X8 memiliki desain ergonomi yang baik sehingga nyaman digenggam oleh tangan siapa saja, Microsoft mengklaim baterainya sanggup bertahan selama 30 jam terus menerus dalam satu kali cas.

9. Logitech G9X
Jenis koneksi: kabel, jumlah tombol: 9, CPI/DPI: 5700, kecepatan: 30g, inch/detk: 165


Mouse gaming Logitech G9X mempunyai fitur-fitur high end dan juga unik yaitu Anda dapat mengatur berat mouse. Mungkin fitur tersebut sangat menarik tetapi bagi saya sebenarnya tak terlalu diperlukan. Namun beberapa gamer yakin dengan memiliki mouse yang beratnya pas akan berefek baik saat mereka memainkan game FPS, RTS atau MMORPG. Kecepatan G9X terbilang bagus dan tombolnya cukup untuk menyimpan berbagai setingan dari user. Jika Anda membutuhkan semua fitur-fitur tersebut maka Logitech G9X adalah pilihan yang terbaik.

10. Logitech G500
Jenis koneksi: kabel, jumlah tombol: 10, CPI/DPI: 5700, kecepatan: 30g, inch/detik: 165

Sama seperti seri Logitech G9X, G500 juga beratnya dapat diatur sesuai selera Anda dengan harga yang lebih murah dari G9X. setingan berat bisa Anda atur mulai dari 27 gram sampai Anda nyaman. Sama seperti G9X sensornya sudah memakai laser. Dengan kata lain Logitech G500 adalah mouse kelas entry level yang berkualitas dari produsen yang tak perlu diragukan lagi popularitasnya. 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »