Gigabyte Menjelaskan Detail Fitur-fitur Baru Dari Mobo seri Intel 100, Termasuk Z170 G1 Gaming

8:22 PM
Banyak produsen motherboard menggunakan desain baru nan menggoda menyambut chipset intel seri 1xx dalam ajang COmputex 2015 Juni lalu, namun demikian para produsen tersebut tidak menjelaskan secara rinci fitur-fitur baru apa yang ada pada board tersebut. Tetapi setelah peluncuran resmi chipset intel seri 1xx "Skylake" , Gigabyte kini memaparkan rincian tentang beberapa fitur yang menjawab rasa penasaran konsumen pada board tersebut. Beberapa di antara fitur tersebut - USB Type-C dan USB 3.1 misalnya - yang sudah ditemukan pada mobo di pasaran, maka fitur tersebut tidak akan kami bahas.

Gigabyte Menjelaskan Detail Fitur-fitur Baru Dari Mobo seri Intel 100, Termasuk Z170 G1 Gaming

Pilihan Konektivitas yang Baru dan Lebih Cepat

Beberapa mobo Gigabyte seri 100 akan menanamkan konektor Thunderbolt 3 yang baru saja dipamerkan saat Computex 2015 lalu.  Thunderbolt 3 menggunakan port USB Type-C dan menawarkan hingga 40GB/s bandwidth untuk berbagai perangkat termasuk drive penyimpanan, monitor, dan bahkan kartu grafis. Seperti versi sebelumnya dari Thunderbolt, juga memungkinkan Anda untuk menggunakan multi monitor bersama-sama, sehingga Anda bisa menjalankan dua monitor beresolusi 4K dari satu konektor tunggal.

Gigabyte juga diperkirakan akan menawarkan motherboard dengan tiga M.2 slot, masing-masing memiliki akses ke empat jalur PCIe 3.0. Motherboard-generasi sekarang biasanya hanya memiliki PCIe 3.0 x4 slot M.2 tunggal, dan konfigurasi "triple" dari Gigabyte memungkinkan Anda bisa memiliki hingga 96GB / s bandwidth teoritis untuk penyimpanan di RAID 0.

Selain itu, port SATA ekspres akan mendapatkan upgrade untuk menjalankan lebih dari PCIe 3.0 x2 tidak seperti PCIe generasi lalu 2,0 x2, yang berarti akan terjadi peningkatan bandwith dari 10GB/s hingga 16Gb/s. Beberapa motherboard baru Gigabyte dikabarkan akan ditanamkan hingga tiga dari konektor ini.

Akhirnya, Gigabyte akan memberikan bundling adaptor untuk memungkinkan pengguna untuk menghubungkan perangkat mini-SAS ke salah satu slot M.2 nya. Ini akan memungkinkan pengguna menghubungkan 2,5 inci Intel 750-series NVMe SSD untuk sistem mereka, bukannya memakai salah satu slot PCIe dengan versi PCIe drive.

Fitur Overclocking

20-phase power design digital IR/Infineon, desain VRM 16 + 4-fase, jelas ditargetkan untuk para overclocker. Mungkin hanya akan ditemukan di mobo high-end, seperti Gigabyte Z170 G1 Gaming. Anda mungkin tidak akan merencanakan overclocking hardcore dengan memanaki LN2, tetapi itu adalah sentuhan yang bagus dan merupakan kelebihan tersendiri yang sangat dihargai para entusias user.

Selanjutnya, chip Turbo B-Clock Tuning IC akan memberikan kontrol yang lebih baik bagi para overclocker dalam mengatur kecepatan clock dan kinerja. Pengguna akan dapat menyesuaikan clock dasar sistem mereka mulai dari 90MHz ke 200MHz. Sebelumnya, mereka terbatas hanya memilih dari clock 100MHz, 125MHz, dan basis 167 MHz.

Desain dan Estetika

Warna LED yang menyala pada jalur motherboard bukanlah hal yang baru, dan kita sudah biasa melihat lampu-lampu led ini menghiasi sirkuit audio pada banyak motherboard gaming. Namun, lampu LED pada jalur pcb yang dapat diseting membawa sesuatu yang baru ke pasaran, dan beberapa mobo Gigabyte akan memiliki lampu jejak jalur pcb yang memungkinkan Anda memilih salah satu dari tujuh warna. Itu adalah sentuhan kecil, tapi satu yang akan membantu para entusias user mencapai koordinasi warna yang lebih baik dalam memodifikasi sistem komputer mereka.



Akhirnya, Gigabyte akan memperkuat slot PCIe pada beberapa board mereka dengan perisai logam. Kita semua terkadang takut slot PCIe board kita tidak kuat untuk menahan bobot kartu grafis yang berat, sehingga beberapa penguatan struktural pasti sangat menenangkan hati.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »