Review Universe At War, Kandidat Game RTS Terbaik 2008

6:56 AM
Genre: RTS, Tanggal Rilis: Maret 2008, Developer: Petroglyph Games, Publisher: Sega, Mode: Single-player dan multiplayer
Review Universe At War, Kandidat Game RTS Terbaik 2008

Cerita mengenai invasi bumi oleh makhluk ruang angkasa selalu menarik untuk diikuti. Cukup banyak film holywood yang mengangkat tema tersebut dan tentunya berakhir dengan kemenangan di pihak manusia yang teknologinya jauh tertinggal. Namun, dalam game ini pihak manusia tidak begitu beruntung seperti yang sering terjadi di dalam film. Kali ini bukan manusia yang menjadi pihak dominan dalam cerita, melainkan tiga bangsa makhluk luar angkasa yang bertikai di bumi. Walau ceritanya klasik, tapi gameplaynya inovatif karena tim pembuatnya pernah bekerja di Westwood studios, pencipta seri Command and Conquer yang populer itu.
Review Universe At War, Kandidat Game RTS Terbaik 2008
makhluk lemah yang hanya pantas menjadi bangsa tutorial hehehe
Tiga bangsa makhluk ruang angkas yang dapat dimainkan dalam game ini bernama Novus, Hierarchy, dan Masari (bukan mas ari lho yaaa hehe). Lalu di mana sobat bisa memainkan bangsa manusia yang notabene adalah pemilik bumi? manusia dapat sobat gamer mainkan dalam bagian prolog cerita saja. Dalam prolog tersebut, Anda  dapat merasakan bertapa tidak berdayanya manusia di hadapan bangsa terkejam di alam semesta, Hierarchy.
Review Universe At War, Kandidat Game RTS Terbaik 2008

Setiap ras yang sobat gamer mainkan memiliki ciri khas tersendiri dilihat dari bentuk unit, kegunaan, dan cara bermainnya. Alur cerita dalam game ini mengharuskan Anda untuk memainkan semua bangsa yang ada secara berurutan, mulai dari Novus, Hierarchy, hingga Masari. Oleh karena itu, Anda akan secara alami menguasai cara bermain semua bangsa yang ada.
Review Universe At War, Kandidat Game RTS Terbaik 2008

Novus merupakan bangsa yang mampu mengirimkan unit darat secara cepat ke seluruh pelosok peta permainan. Hal itu dapat terjadi dengan pertolongan menara yang dapat Anda bangun di mana pun. Melalui menara ini, Sobat gamer dapat mengirim unit. Selain kemampuan untuk mengirim pasukan tersebut, Novus juga memiliki pasukan udara yang cukup kuat. lain halnya dengan Hierarchy yang mengandalkan bantuan robot yang sangat besar bernama Walker (bukan Paul Walker hehe). Walker tersebut selain mampu menghancurkan apa pun yang ada dihadapannya juga dapat digunakan untuk membuat pasukan darat dan udara.
Review Universe At War, Kandidat Game RTS Terbaik 2008

Walker terdiri atas tiga jenis dan semuanya memiliki bagian bernama Hard Point. bagian tersebut dapat sobat gamer gunakan untuk membangun perlengkapan menyerang, bertahan, dan membangun unit. Jadi Walker bisa disamakan seperti markas berjalan. Jenis Walker menentukan unit apa yang dapat Anda bangun dan perlengkapan yang dapat Anda tambahkan. Selain Walker, Hierarchy juga dibantu oleh unit dengan kemampuan mengubah pasukan darat yang dikalahkannya menjadi zombie.

Bangsa terakhir yang tidak dapat Anda remehkan keberadaannya Masari. Masari mampu mengubah mode berperangnya menjadi dua bentuk yang menarik. Bentuk pertama adalah Light. Dalam mode ini, kemampuan serang pasukan Masari menjadi lebih tinggi dan lebih cepat. Tetapi unit udaranya hanya dapat terbang jika berada pada mode ini. Bentuk kedua, Dark, menjadikan pertahanan pasukan Masari menjadi lebih kuat dengan bantuan perisai. Namun, daya serang dan kecepatan mereka jadi berkurang. Unit udara berubah menjadi pasukan darat jika berada dalam bentuk Dark.
Review Universe At War, Kandidat Game RTS Terbaik 2008

Selain keunikan bermain dari masing-masing bangsa, terdapat feature lain yang menarik dalam game ini, seperti mode bermain Campaign (mengikuti cerita), Scenario (penguasaan dunia yang berjalan secara real time), dan Skirmish (perang terbuka melawan komputer atau pemain lain). Sayangnya, feature untuk meneliti teknologi yang memperkuat unit hanya dapat Anda temukan pada mode Scenario dan Skirmish

Tampilan grafis dalam game tergolong lumayan walau masih kalah bila dibandingkan dengan game strategi seperti World in Conflict dan Command and Conquer 3 Tiberium War. game ini juga cukup berat dimainkan , terutama jika PC sobat belum mencapai spesifikasi yang tinggi (ketika itu hehe). Untungnya, game ini banyak tertolong oleh permainannya yang menarik dan mode permainan yang dapat berulang kali dimainkan.
Review Universe At War, Kandidat Game RTS Terbaik 2008
Nice review, sumber: wikipedia
Persyaratan PC Minimal Universe at War Earth Assault:
OS: Windows XP/Vista
Processor: Pentium 4 @ 2 GHz or Athlon Equivalent
Memory: 512 MB
Hard Drive: 6 GB Free
Video Memory: 128 MB (NVIDIA 6200/ATI Radeon 9500)
Sound Card: DirectX Compatible
DirectX: 9.0c
Keyboard & Mouse
DVD Rom Drive

Artikel Terkait

Previous
Next Post »