15 Tips dan Trik Google Chrome Yang Wajib Anda Ketahui

2:44 PM
Berikut ini adalah kumpulan 15 tips dan trik untuk Google Chrome yang akan membantu Anda bekerja lebih cepat dan melakukan lebih banyak hal dengan web browser favorit Anda itu. Kabar bagusnya ke 15 tips trik ini tak mewajibkan Anda menginstall ekstensi apapun. Marik kita simak deretan tips trik terbaik untuk Google Chrome ini:

1. Menyimpan halaman web ke dalam format PDF

Google Chrome memiliki PDF writer yang tertanam di dalamnya. Bukalah sebuah halaman website, kemudian tekanlah Ctrl+P(bagi pengguna windows) atau Cmd+P(bagi pengguna mac) dan pilih "Save as PDF" dari daftar printer yang tersedia untuk mendownloadnya dalam bentuk file PDF ke harddisk Anda. Dan ini bisa Anda lakukan tanpa perlu ekstensi apapun.

2. Mengatur kustomisasi shortcut keyboard

Google Chrome mendukung berbagai shortcut keyboard, tetapi Anda juga bisa mengatur kustomisasi shortcut keyboard Anda sesuai selera Anda sendiri yang berfungsi untuk membuka berbagai ekstensi dan aplikasi Chrome. Ketiklah Chrome://extensions pada bar address browser Anda untuk membuka halaman ekstension, scroll ke bawah dan klik link menuju shortcut keyboard.

3. Menghapus riwayat/history web Anda secara selektif

Riwayat browsing Google Chrome (chrome://history) tidak memiliki tombol "Select All" jadi jika Anda ingin menghapus, katakanlah, 20 halaman dari log histroy chace web browser Anda, maka Anda harus mencentang satu persatu 20 kotak centang. Namun jangan salah, ada triknya agar Anda langsung bisa mencentang semuanya yaitu centang dulu kotak pertama, kemudian tahan "shift" dan pilihlah kotak centang yang terakhir. Maka semuanya akan otomatis tercentang.

                                   

4. Install ekstensi Chrome yang tidak resmi

Versi terbaru Google Chrome tidak mengijinkan Anda untuk menginstall ekstensi yang tidak terdaftar di Google Chrome store yang resmi. Solusinya adalah, bukalah halaman "extensions" pada Chrome, lalu aktifkan "developer mode" kemudian drag and drop file ekstensi(file dengan formta .crx) ke Chrome Anda.

5. Cara Cepat Memperbaiki google chrome yang lambat

Google Chrome terkadang semakin lemot setelah beberapa jam kita gunakan secara terus menerus. Cara paling simpel adalam me-restart browser Anda tetapi kadang sumber lemot tersebut hanyalah sebuah ekstensi yang kurang berkualitas atau mungkin sebuah website yang berat. Jawabannya bisa Anda temukan di Tools -> Task manager. Urutkan daftar dengan penggunaan memory, pilih website dan ekstensi yang mengkonsumsi banyak memori dan klik "end process".

6. Memalsukan lokasi kita yang sebenarnya

Beberapa website, seperti Google Maps misalnya, terkadang meminta browser untuk mengetahui letak geografis keberadaan Anda. Anda bisa memilih untuk tidak memberikan data Anda tersebut atau bahkan memalsukan letak lokasi Anda sekarang. Buka "Tools -> Developer Tools" dan tekan Esc untuk membuka konsol. kemudian pilihlah tab "Emulation" dan masukkan angka sesuai selera Anda yang merupakan informasi garis lintang dan bujur lokasi kita.

7. Memperlihatkan semua password tersembunyi kita

Google Chrome dapat mengingat dan mengisi otomatis semua password Anda tetapi password tersebut tersembunyi dengan tanda bintang. Jika Anda berkeinginan tanda bintang tersebut hilang dan password Anda terlihat, buka "Developer Tools" dengan klik kanan pada kolom password pada halaman login lalu pilih "Inspcet element", Ubah tipe input dari "password" ke "text". Alternatifnya Anda dapat menemukan password Anda di chrome://settings/passwords (masukkan pada browser lalu enter).

                           

8. Menulis Email dari address bar

Jika Anda menulis email baru di Chrome, biasanya Anda akan membuka situs Gmail dan menekan tombol "compose". Alternatifnya adalah pergilah menuju address bar browser Anda dan ketikkan perintah mailto, contohnya mailto:recipient@domain.com. Dengan melakukannya akan otomatis membuka jendela compose Gmail Anda dan alamat penerima akan otomatis terisi.

9. Membuat catatan di Chrome

Meskipun ada beberapa ekstensi bagus Google Chrome yang menambahkan fitur seperti notepad pada browser Anda, ada sedikit cara  hack javascript yang akan secara instant mengubah Chrome Anda ke tampilan text editor. Bukalah tab baru kemudian paste "data:text/html,<html contenteditable>" (tanpa tanda petik) ke address bar Anda. Lalu klik dimana saja pada tab tersebut untuk mulai menulis catatan.

10. Menggunakan Chrome sebagai media player

Anda bisa manarik(drag) file audio, video, gambar, teks bahkan file dokumen PDF dari dekstop Anda ke address bar Chrome dan otomatis semua akan terbuka tanpa Anda harus menggunakan aplikasi penampil tertentu.

11. Menampung banyak bookmark di toolbar

Jika Anda menginginkan untuk menampung lebih banyak bookmarks pada toolbar Chrome, maka klik kanan pada bookmark yang diinginkan, pilih edit dan hapus semuanya pada kolom nama. Klik save, maka Chrome hanya akan menampilkan icon website pada toolbar. Anda bisa menggunakan cara ini pada halaman bookmark Anda pada ruag yang sama.

12. Meningkatkan stabilitas Chrome, memuat flash hanya jika diperlukan

Dunia memang telah beralih ke HTML5 tetapi beberapa websites masih tetap memerlukan Adobe Flash Player. Pergilah menuju seting advanced browser Anda (chrome://settings/content) dan pilih "Click to Play" pada plugin-nya. Flash Player akan tetap dalam kondisi nonaktif hingga saat sebuah website memerlukannya, Anda tinggal mengaktifkannya dengan klik sesuai keinginan Anda.

13. Mengubah ke mode Mobile jika internet Anda lambat

Jika Anda memilik koneksi internet yang lambat, Anda dapat mengubah browser Anda ke mode perangkat mobile. Maka sebagian besar website akan terbuka sebagai versi mobile yang tentunya lebih ringan untuk dibuka. Bukalah Chrome developer tools, pilih tab "emulation" lalu pilihlah perangkat mobile yang Anda inginkan, misalnya pura-pura sebagai pengguna Android atau iOS. Pastikan pilihan "Screen" dalam kondisi off.

14. Menghapus bermacam URL yang mengganggu

Biasanya saat Anda mengetik pada address bar Chrome, maka browser akan menyarankan beberapa URL yang cocok dari history selancar Anda. Jika ada URL yang Anda tidak menginginkannya tampil di daftar saran, Anda dapat dengan mudah menghapusnya dengan membersihkan history atau lewat address bar itu sendiri. Tandai URl pada pilihan saran tadi lalu tekan Shift+delete untuk menghapusnya secara permanen.

15. Mengubah ke mode Google Cache secara instant

Google Cache amatlah berguna saat website yang ingin Anda buka dalam keadaan offline dan Chrome membuatnya sangat mudah bagi Anda untuk mengakses versi offline dari halaman manapun. Saat Anda berada di halaman, klik address bar, ketik cache: sebelum URL dan tekan Enter. Anda akan dibawa langsung ke Google Cache, jika tersedia.

Jika Anda mengalami kesulitan ataupun mempunyai pertanyaan, silahkan bertanya lewat kolom "comment". terimakasih telah membaca.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »