Berapa GB RAM Ideal yang Harus Dimiliki Sebuah PC Desktop?

6:33 PM
Mayoritas spesifikasi minimum sebuah game atau software (editing video misalnya) menempatkan RAM pada posisi nomor dua setelah  processor. Dalam panduan kali ini, kita akan membahas dua aspek utama dari RAM yang berhubungan erat dengan spesifikasi komputer yang ideal yaitu: jumlah RAM dan Tipenya.

Berapa Ukuran RAM Yang Ideal?

Sebenarnya aturan baku yang saya pakai untuk semua sistem komputer untuk menentukan kalau RAM yang ditanamkan kepadanya sudah ideal adalah kembali kepada persyaratan perangkat lunak (game ataupun software) yang akan dijalankan oleh pengguna komputer itu sendiri.
 
Spesifikasi game terbaru biasanya membutuhkan kapasitas RAM yang besar

Cobalah cek website untuk masing-masing aplikasi, game dan OS yang ingin Anda install dan bacalah spesifikasi persyaratan hardware minimum dan rekomendasinya. Biasanya yang Anda inginkan adalah memiliki RAM diatas persyaratan yang direkomendasikan software atau game tersebut. Daftar di bawah ini akan memberikan gambaran umum kepada Anda tentang bagaimana sistem akan berjalan dengan berbagai jumlah memori RAM :
  • Minimum: 4GB
  • Optimal: 8GB
  • Sangat Lancar Sekali: 12GB atau lebih

Rentang ukuran yang digunakan adalah berdasarkan sofware atau game yang saat ini paling banyak digunakan oleh para pengguna komputer. Cara paling baik adalah memeriksa kembali persyaratan berbagai software utama yang akan Anda install pada sistem komputer tersebut. Karena hal ini tidaklah akurat sepenuhnya menyesuaikan kepada software, OS ataupun game yang dipakai pengguna yang tentunya salah satu perangkat lunak tersebut terkadang membutuhkan memori RAM lebih besar daripada aplikasi-aplikasi lainnya.

Catatan: Jika Anda berniat menggunakan lebih dari 4GB RAM pada komputer dengan OS Windows, Anda harus menginstall versi 64-bitnya agar RAM ada terdeteksi semua secara penuh dan kinerjanya optimal, hal tersebut disebabkan OS windows versi 32-bit hanya mampu mendeteksi RAM maksimal 4GB. Hal ini juga menjadikan alasan kenapa semua komputer built-up saat ini menggunakan os windows 64-bit.

Apakah Jenis RAM Berpengaruh Pada Kinerja?

Tipe RAM yang kita gunakan tentunya berpengaruh pada kinerja sistem secara keseluruhan. RAM tipe DDR4 memang sudah dirilis ke pasaran tetapi sementara ini yang tersedia hanyalah tipe DDR4 untuk sistem kelas workstation yang membutuhkan kinerja sangat tinggi. Kebanyakan socket motherboard saat ini masih setia pada DDR3. Periksalah tipe memori apa yang didukung oleh motherboard Anda karena socket RAM tidak kompatibel dengan tipe RAM lainnya (misalnya mobo yang menggunakan slot RAM DDR2, tentu tidak bisa kita gunakan RAM tipe DDR3) dan hal ini sangat penting Anda lakukan demi alasan jika suatu saat Anda memiliki rencana menambah kapasitas RAM.



Pada umumnya RAM diurutkan berdasarkan teknologi yang digunakan, yaitu clock speed(misal DDR3 1600MHz) dan bandwithnya(PC3-12800). Di bawah ini adalah urutan RAM berdasarkan tipe dan kecepatannya dari yang tercepat ke yang paling lambat:

  • DDR4 3200 MHz atau PC4-25600
  • DDR4 2666 MHz atau PC4-21300
  • DDR4 2133 MHz atau PC4-17000
  • DDR3 1600 MHz atau PC3-12800
  • DDR3 1333 MHz atau PC3-10600/PC3-10666
  • DDR3 1066 MHz atau PC3-8500
  • DDR3 800 MHz atau PC3-6400


Kecepatan RAM di atas adalah relatif dan merupakan teori bandwith dari pabrikannya yang menanamkan clock speed yang lebih tinggi bila dibandingkan antar satu dengan lainnya. Saat ini umumnya motherboard komputer hanya bisa menggunakan satu tipe memori RAM saja yakni DDR3 atau DDR 4 saja, berbeda dengan jaman dahulu terkadang saya menemukan sebuah motherboard yang bisa memakai dua jenis ram (namun tetap saja kita harus menggunakan salah satu tipe saja, tidak dapat diisi semua slotnya). Kecepatan memori RAM pada urutan di atas ada yang merupakan kecepatan standard dan ada juga yang hanya dapat tercapai dalam kondisi system yang teroverclock.

Dual Channel dan Triple Channel

Salah satu catatan tambahan untuk sistem memori komputer adalah konfigurasi dual-channel dan triple-channel. PC dekstop Anda akan mendapatkan peningkatan bandwith memori saat dipasang dual-channel(berpasangan) atau triple-channel. Saat ini satu-satunya komputer di pasaran yang mendukung triple-channel adalah khusus processor dengan motherboard tipe socket 2011. Agar dapat berjalan dual/triple channel, memori Ram harus dipasang dengan tipe pasangan yang sesuai. Artinya 8GB RAm hanya akan berjalan dalam mode dual-channel jika yang terpasang di mobo adalah dua 4GB RAM dengan tipe dan kecepatan yang identik atau empat buah 2GB RAM identik. Jika Anda mencampur RAM, misalnya 4GB disandingkan dengan 2GB RAM, atau 4GB RAM dengan 4GB RAM tapi beda speed, maka mode dual-channel tak akan berfungsi dan malah membuat memori bandwith komputer menjadi melambat.

Upgrade Memori RAM

Satu hal lain yang mungkin akan menjadi pertimbangan Anda adalah, berapa besar maksimal kapasitas memori pada motherboard Anda. Kebanyakan moyherboard pc dekstop cenderung memiliki empat atau enam slot RAM dengan dukungan mode dual-channel. Motherboard dengan ukuran mini biasanya malah hanya punya dua slot RAM. Jumlah slot RAM pada mobo Anda akan menjadi peran kunci tentang bagaimana Anda dapat meng-upgrade kapasitas memori Anda di masa mendatang.


Misalnya saat ini Anda membeli komputer dengan RAM 8GB, jika mobo Anda mempunyai empat slot RAM kemudian Anda mempunyai angan-angan untuk meng-upgrade RAM di masa depan, lebih baik menggunakan dua modul 4GB karena ada slot yang tersedia untuk upgrade tanpa harus menjual dulu RAM lama Anda.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »