5 Hal Yang Wajib Anda Ketahui Tentang Ghost Recon Wildlands

3:36 PM
Mengambil tema dengan dunia open world yang sangat luas yang dikuasai kartel, mungkin ini adalah langkah paling ambisius dari seri game Ghost Recon yang pernah diambil, dan bagi pengembang ini adalah langkah yang sangat berat karena merupakan suatu konsep yang benar-benar baru. Daripada harus kembali dengan misi-misi linear, Ghost Recon Wildlands bertujuan untuk benar-benar memberikan kebebasan penuh kepada pemain untuk memutuskan cara mereka memerangi Santa Blanca dalam sebuah perang rahasia. Santa Blanca adalah seorang kartel yang telah merubah masa depan Bolivia menjadi negara yang sangat korup. Berikut ini adalah beberapa kunci konsep yang benar-benar membuat Ghost Recon Wildlands ini berbeda dengan seri-seri pendahulunya.

1. Dunia Yang Sangat Luas dan Besar

Terbang di atas langit Bolivia menggunakan helikopter dalam Ghost Recon Wildlands adalah cara yang paling bagus untuk menyadari betapa luasnya area game ini. Pemandangan yang membentang di cakrawala, dengan desa-desa kecil yang muncul dari bayangan besar sebuah gunung dan ditambah indahnya padang pasir yang sangat luas. Tiba-tiba terjadi bentrokan sporadis terlihat di bawah, pejuang pemberontak melawan preman-preman kartel, pabrik ganja telah ditandai sebagai target,csedangkan unta-unta liar nampak di sekitar pedesaan itu. Ini adalah game open world terbesar yang pernah dipakai Ubisoft dalam game aksi petualangannya, dan mereka mengisi semua dunia yang luas itu dengan berbagai misi, jenis medan, dan misi-misi spontan di peta.



Perlu untuk digarisbawahi, dalam demo E3 2015 dimulai dengan empat pemain - semua dengan layar monitor yang terpisah - dan dalam area yang berbeda. Satu pemain mengendarai mobil melewati hamparan pasir putih tanpa batas, sementara yang lain berjalan santai melewati pegunungan, pemain ketiga menaiki motor trail melewati bukit-bukit padang pasir, sedangkan pemain ke empat mengendap-endah melewati hutan, bersembunyi di balik semak-semak secara perlahan-lahan mendekati sebuah rumah papan milik seorang perwira kartel Santa Blanca.

2. Semua Tentang Strategi

"Saat kami menyelesaikan Ghost Recon Future Soldier, salah satu hal yang ingin kami lakukan adalah  melihat pemain bebas memilih," kata Dominic Butler, Pemimpin Desain Game Ghost Recon Wildlands. "Ini adalah kesempatan untuk mewujudkan mimpi yang telah kami pendam sekian lama, yang akan segera kami wujudkan dan memberikan semua pilihan kembali kepada pemain."

Perwira kartel yang telah diceritakan di atas adalah salah satu contoh dari pilihan itu. Dia adalah target misi sampingan yang berada dijalur misi target utama, yaitu seorang informan bernama Luis "El Chango" Alvarez. Setelah bosnya - seorang wanita bernama Nina Flores, yang lebih dikenal sebagai La Reina de la Belleza - mengetahuinya berkhianat, Luis diculik dan dipenjarakan. Dan perwira kartel yang sekarang di misi Ghosts 'sepertinya tahu sesuatu tentang keberadaan Luis'.


Sedangkan ketiga pemain lainnya masih dalam perjalanan mereka di peta, anggota Ghost di luar rumah kemudian menarget perwira kartel dan satu pengawalnya, lalu dia melangkah keluar ke tempat terbuka. Seperti gaya "Far Cry" indikator kesadaran musuh menyala, anggota Ghost tersebut menembak si pengawal dan melumpuhkan perwira kartel itu, memaksanya berlutut dan dengan cepat menginterogasinya. Luis ada kamp terdekat, katanya, dan dia sangat dijaga ketat oleh pengawal. Mengetahui hal ini sebenarnya tidak perlu dalam menemukan Luis. Ke empat Ghost bisa dengan mudah menemukan kamp tersebut dengan cara mereka sendiri, kemudian menyusun strategi untuk menembus kamp tersebut. Mereka bisa mengatur posisi penembak jitu dan membersihkan para pengawal sebelum kemudian menjemput Luis, atau mereka bisa menunggu hingga malam tiba kemudian menyelinap dalam bayang-bayang kegelapan. Tetapi sekarang setidaknya mereka memiliki sedikit informasi sehingga mereka dapat merencanakan strategi - dan kini di antara strategi tersebut adalah rencana mencuri helikopter musuh.

"Ini bukan tentang kita yang menentukan lebih dulu bahwa ini adalah misi rahasia, atau hanyalah sekedar Anda harus menyelamatkan sandera, atau Anda harus melakukan serangan secara frontal kepada musuh,: kata Butler. "inilah, situasi saat ini, inilah tujuan misi, dan kemudian terserah kepada pemain bagaimana mereka ingin melakukannya. Mereka menulis cerita mereka sendiri. "

3. Bolivia Mempunyai Ritmenya Sendiri

Orang-orang yang akan Anda temui di Ghost Recon Wildlands masing-masing memiliki agenda dan perilaku khas mereka sendiri, dan mereka akan bereaksi tidak hanya karena tindakan Anda, tetapi juga dalam perubahan cuaca dan perubahan waktu setiap hari. Mereka akan terus berperan bahkan dalam kejadian yang tidak ada hubungannya dengan Anda atau misi Anda, terlihat dalam demo saat pemain mengontrol drone mereka yang terpasang kamera melewati para petani, pasar dan pesta dansa di luar ruangan. Tidak berbeda dengan musuh Anda, perbedaannya hanya karena musuh Anda tentu punya keberpihakan politik. Bolivia tidak hanya dikuasai oleh Santa Blanca; Santa Blanca menyogok anggota pemerintah, yang pada akhirnya menyediakan kekuatan militer yang disebut Unidad untuk melindungi kepentingannya. Para prajurit kartel tidak akur dengan pasukan Unidad, dan jika mereka bertemu, akan sangat mudah membuat mereka untuk saling membunuh.


Untuk menyelamatkan Luis Alvarez dengan efisien, tim telah memutuskan untuk mencuri satu dari helikopter Unidad. Sekali lagi, ini bisa dilakukan dengan berlindung gelapnya malam, tetapi pertengkaran antara tentara dan preman kartel di pangkalan Unidad menciptakan peluang untuk membuat mereka saling bunuh hanya dengan satu peluru sniper. Tidak menyadari tembakan berasal dari pihak ketiga, kartel dan Unidad segera mulai menembaki satu sama lain, dan sementara mereka sibuk bertempur, tim Ghost bergerak cepat, membunuh siapapun yang menghalangi jalan mereka menuju helikopter, menaikinya, kemudian lepas landas.

4. Pentingnya Kerjasama

Ghost Recon Wildlands bukan hanya sebuah game open worldyang memungkinkan untuk bermain co-op (yang dibuat khusus untuk 4 pemain). beranggotakan 4 tentara Ghost (masing-masing dengan kemampuan upgrade spesial) yang saling bekerjasama adalah bagian terbesar dalam strategi pertempuran di lingkungan yang bebas. hal itu sangat penting, pada kenyataanya jika Anda bermain single player, Anda akan dibantu oleh tiga mitra AI, yang akan selalu membantu Anda dengan membunuh secara diam-diam semua musuh di hadapan Anda, atau terkadang dengan bersenjatakan shotgun di setiap kendaraan yang Anda komandoi.



Meskipun demikian ada kabar baik bagi para pemain single player. Jika Anda sedang malas untuk bermain bekerjasama dengan Ai, tak ada yang dapat mencegah pemain untuk keluar dari tim dan melakukan hal-hal sesuai keinginan mereka sendiri, atau bahkan menjalankan misi yang berbeda dengan rekan-rekannya. Anda tetap akan kembali dan membantu tim melakukan misi-misi utama, karena Anda akan merasakan kerennya melakukan terjun payung dari helikopter sementara teman pilot Anda memberikan dukungan udara. Itulah bagaimana perburuan Luis dilanjutkan, kemudian disusul dua player lain melepaskan parasut untuk mendarat di atas pegunungan, sedangkan yang ketiga tetap memegang kendali helikopter dan player keempat di dalam helikopter siap dengan senapan mesinnya.  

Beberapa saat kemudian, kedua rekan yang berjalan kaki tadi menyelinap ke kamp dan membunuh secara senyap(stealth kill) para penjaga Luis Alvarez, dan kemudian membawanya keluar kamp di bawah todongan senjata. Sergapan kilat para Ghost akhirnya disadari oleh para penjaga, dan mereka berusaha menyalakan alarm...namun di waktu yang bersamaan tembakan beruntun senapan mesin helikopter merobohkan mereka semua dari balik awan. Tim Ghost di darat segera memasukkan Alvarez ke dalam bagasi mobil dan bergegas pergi, Ghost yang tidak menyetir segera mengambil posisi menembak untuk melindungi pelarian mereka dari kejaran geng kartel. Akhirnya mereka lolos dari kejaran dan kemudian berhenti di sebuah pesisir pantai, untuk menemui jemputan helikopter. Salah seorang Ghost lalu memasukkan Alvarez ke dalam helikopter, sedangkan Ghost yang memegang senapan mesin heli berpindah ke dalam mobil, dan kedua tim ini berpisah sekali lagi, mengakhiri demo game ini.



5. Tindakan Anda Memiliki Konsekuensi

Pada awal demo, Pasukan Ghost mendekati desa kecil Huertas dari pinggiran, dimana Santa Blanca telah membantai beberapa penduduk setempat. Kami diinfokan oleh status misi, bahwa ini adalah balasan Santa atas misi pembebasan Alvarez. Tindakan Anda memang membawa akibat tersendiri dalam Ghost Recon Wildlands, dan penduduk sekitar bukanlah satu-satunya yang akan menerima efek itu. Ingat faksi-faksi yang kami sebutkan sebelumnya? Anda bisa memanipulasi mereka ke intrik yang lebih dari sekedar mengadu domba mereka.

"Tergantung pada bagaimana pemain terlibat dengan faksi-faksi ini, hubungan mereka satu sama lain dan semua terserah pemain untuk merubahnya," kata Butler. "Hal ini adalah suatau keputusan berani kami, agar game terlihat real dan dapat dimanipulasi sesuai selera pemain yang memainkan game ini."




Para sekutu dapat dilatih agar menjadi kelompok-kelompok pemberontak. Perjanjian damai dapat dirusak, jika pemain terus mengeksploitasi ketidakpercayaan antara Unidad dan Santa Blanca sehingga terjadi perpecahan di antara mereka dengan pemerintah Bolivia. Ini adalah dunia yang sangat besar dengan berbagai kemungkinan, dan game ini dirilis untuk Playstation 4, Xbox One, dan PC.

Berikut ini adalah gameplay trailer Ghost Recon Wildlands:


                                           

Artikel Terkait

Previous
Next Post »