Review Game FPS Terbaik 2007, CRYSIS

2:32 AM
Genre: FPS, Tanggal Rilis: November 2007, Developer: Crytek Frankfurt, Publisher: Electronic Arts, Mode: Single-player dan multiplayer

Legend never dies, begitu pula dalam dunia game PC. Dahulu kala pada tahun 2007 (dan juga sejak tahun 2006), Crysis adalah game yang paling sering dibicarakan dan ditunggu-tunggu dalam dunia PC gaming. Pihak developer yaitu Crytek, terus-menerus menyempurnakan CryEngine 2 yang dipakai dalam game ini sejak awal tahun 2007. Apa yang membedakan game ini dengan game First-Person Shooter lainnya yang ada di PC? Banyak sekali. Selain dari graphics engine yang luar biasa canggih, Crysis juga memiliki physics engine yang ultra-realistik. Dengan adanya Artificial Intelligence yang sangat pintar ditambah dengan interaktifitas dengan lingkungan sekitar yang lebih realistik, gamer juga ditantang untuk tidak sekedar dar-dor seperti halnya game FPS kebanyakan.
Review Game FPS Terbaik 2007, CRYSIS
best of the best 2007
Dalam Crysis, gamer akan berperan sebagai Nomad, kode sandi untuk Jake Dunn, salah seorang personil US Delta Force yang diutus untuk menyelidiki keanehan dibalik sebuah meteor yang jatuh ke kawasan Korea Utara pada tahun 2020 (wah sebentar lagi dong, hehe). Pasalnya pihak Korea Utara bersifat sangat agresif dan menutup-nutupi penemuan yang ada mengenai meteor yang jatuh itu, dan mereka tidak segan-segan menghabisi setiap warga asing yang memasuki daerahnya. Pertempuran antar para Operator, istilah untuk personil Delta Force yang menggunakan teknologi tempur canggih berupa nanosuit dan para tentara Korea Utara pun tidak terelakkan. Belakangan diketahui bahwa meteor tersebut adalah sebuah kapal alien yang jatuh ke bumi dan hendak memusnahkan manusia. Saatnya bagi Jake untuk menyelamatkan bumi, sebagaimana yang harus dilakukan jagoan lainnya dalam semua game.
Review Game FPS Terbaik 2007, CRYSIS
semut vs gajah
Pertempuran akan terjadi di berbagai lingkungan outdoor, mulai dari pantai, hutan, perkemahan tentara hingga perbukitan yang penuh dengan nuansa tropis. Hal ini sangat mirip dengan game pendahulunya yaitu FarCry. Dalam melawan pasukan tentara Korea Utara, gamer bisa menggunakan seluruh kemampuan nanosuit yang dikenakan oleh jake. Selain digunakan untuk melindungi diri dari serbuan peluru nyasar, nanosuit juga memiliki berbagai fungsi yang menambah keasyikan (atau malah kompleksitas) dari permainan. Cloacking misalnya, membuat pemain lenyap dari pandangan musuh untuk sementara waktu (jadi ninja nih hehe). Nano-augmented strength membuat pemain mampu mengangkat barang-barang yang relatif berat (termasuk tentara musuh) dan melemparkannya dengan kekuatan yang luar biasa.
Review Game FPS Terbaik 2007, CRYSIS
bang minta duit bang buat modal kawin haha... 
Efek kehancuran lingkungan juga didesain sedemikian rupa agar Crysis menjadi lebih realistis. Sehingga Jake tidak boleh berlama-lama berlindung di satu tempat, misalnya bangunan atau kendaraan, karena hampir semua objek di Crysis dapat dihancurkan dan menyisakan ruang terbuka yang mematikan apabila gamer sedang dikepung oleh sepasukan tentara musuh. Masih banyak fitur keren yang membuat game ini terasa sangat berbeda dari game lain, contohnya peralihan siang-sore-malam, serta bencana alam seperti tornado dan ombak besar di lautan.
Review Game FPS Terbaik 2007, CRYSIS
grafis yang menakjubkan bukan? hutan tropis 3D hahay...
Pada tahun 2007 Crysis merupakan monster dalam dunia PC Gaming. Bahkan hingga akhir tahun 2007, belum ada VGA card yang mampu memainkannya dalam setting very high detail di Windows Vista (Dulu Win 7 belum keluar sob) tanpa lag. Dari segi pencapaian teknologi, Crysis juga menampilkan first-order physic engine yang realistis serta dapat mempengaruhi gameplay secara signifikan tanpa perlu hardware tambahan. Benarkah pada tahun 2007 tidak ada PC yang mampu menjalankan Crysis pada setting very high detail? Faktanya ada, yaitu nVidia 3 way SLI 8800GTX (VGA tercanggih kala itu) seharga US$1200 untuk VGA-nya saja, hehe...

MULTIPLAYER

Multiplayer dalam Crysis terbagi menjadi dua mode utama. yang pertama adalah Instant Action, di mana seluruh pemain berlomba untuk menjadi pemenang dengan menghabisi siapapun juga yang mereka temui, atau bisa juga dimainkan dalam kelompok atau tim.
Review Game FPS Terbaik 2007, CRYSIS
pulanglah ke rumah nak! dengan cara apapun wkwk...
Sedangkan mode kedua adalah Power Struggle, yang mirip dengan sistem dalam game Battlefield, yaitu dua pihak/tim yang memperebutkan kekuasaan dengan merebut lokasi-lokasi tertentu dalam game dan mempertahankannya dari serangan musuh agar mendapatkan bonus-bonus khusus. Bonus yang bisa didapatkan oleh tim yang memegang lokasi dapat berupa upgrade untuk nanosuit, kendaraan tempur, dan persenjataan yang lebih canggih. Gamer bahkan bisa mencuri kendaraan milik pihak musuh dengan melakukan lockpick, hingga memasang jebakan mematikan di areal hutan. Mode multiplayer mendukung hingga total 32 pemain dan mendukung penuh fitur tambahan untuk multiplayer, misal VoIP, apabila dijalankan pada server berbasis minimal Windows Vista 64-bit dalam jaringan Gigabit Ethernet(100/1000 mbps).
Review Game FPS Terbaik 2007, CRYSIS
Efek ledakan di Crysis sangat memanjakan mata, beautiful...
Crysis memang bukan sebuah inovasi dalam dunia First-Person Shooter game, tetapi ia mendorong tingkat realsime dan grafis secara ekstrim yang membuka keasyikan dan kemungkinan baru dalam ber-FPS ria. Fleksibilitas tinggi pun memudahkan CryEngine untuk diadopsi ke dalam game-game lainnya, misalnya game online Aion: Tower of Eternity buatan NCSoft. Kalau kamu memang seorang FPS mania dan memilik hardware yang cukup high-end (pada kala itu hehe), Crysis merupakan game yang sangat disarankan. Monggo sob...
Review Game FPS Terbaik 2007, CRYSIS
review menakjubkan dari situs-situs populer, sumber: wikipedia

Persyaratan PC minimal untuk Crysis:
OS - Windows XP or Windows Vista
Processor - 2.8GHz or faster (XP); 3.2GHz or faster * (Vista)
Memory - 1GB RAM or 1.5GB RAM (Vista)
Video Card - 256MB **
Hard Drive - 12GB
Sound Card - DirectX 9.0c compatible
* Supported Processors: Intel Pentium 4 2.8GHz (3.2GHz for Vista) or faster, Intel Core 2GHz (2.2GHz for Vista) or faster, and other similar CPUs.
** Supported chipsets: Nvidia GeForce 6800 GT + or similar GPUs. Laptop versions of these chipsets may work but are not supported. Integrated chipsets are not supported. Updates to your video and sound card drivers may be required.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »