Tips & Trik Merawat PC Agar Tetap Sehat

12:28 AM
Untuk para gamers(khususnya), mempunyai PC yang terawat dan bersih artinya performa gaming yang lebih baik dan daya tahan PC yang lebih lama. Hal-hal berikut ini dapat membantu gamers untuk melakukannya sendiri di rumah.

Tips & Trik Merawat PC Agar Tetap Sehat


1. JAGA SIRKULASI UDARA DARI DAN KE DALAM CASING PC
Sirkulasi udara dalam casing merupakan hal yang vital. Survei membuktikan bahwa hampir 80% kasus kerusakan hardware disebabkan oleh panas yang berlebih. Salah satu penyebab adalah asap rokok. Asap bisa membawa debu yang menggumpal pada lubang-lubang ventilasi, oleh karena itu penting untuk membersihkannya secara berkala. Pertimbangkan juga untuk menggunakan alat filter/saringan udara pada lubang ventilasi agar lebih terjaga. Tambahkan kipas pada casing apabila udara di dalamnya tertahan dan terasa panas.

2. HINDARKAN ELEKTRONIK DARI DEBU BERLEBIH
Berbagai jenis debu bisa ditemukan pada ruasng domestik, misal rumah atau kantor. Debu bisa saja terdiri atas elemen-elemen kotoran atau residu asap, namun yang paling berbahaya adalah timbunan debu yang mengandung unsur logam berat ataupun korosif. Oleh karena itu berhati-hatilah apabila debu sudah tertumpuk terlalu banyak pada PC, dan pembersihannya lebih baik tidak memakai cairan semcam air atau alkohol karena bila tidak dikeringkan secara benar, hal tersebut dapat menyebabkan arus pendek(korsleting) pada hardware.

3. RAPIHKAN KABEL-KABEL DAN CEK KABEL YANG RUSAK
Tidak usah takut untuk melepas kabel-kabel pada PC, selama Anda ingat atau tahu persis di mana lokasinya ketika dipasangkan kembali. Gamer disarankan untuk mematikan arus listrik sebelum melepas kabel-kabel tersebut. Cek kabel-kabel yang ada dari kemungkinan kerusakan lanjut, misalnya gigitan tikus, serangga atau leleh/putus karena panas berlebih.

4. PERIKSA KONDISI DAN INTERKONEKSI ANTAR HARDWARE
Hati-hati dengan kabel yang tidak terpasang dengan baik, karena itu dapat menyebabkan PC Anda bermasalah, baik secara langsung maupun diam-diam. Rapatkan semua kabel ketika memasangkannya kembali, tapi jangan menekan soket-soketnya dengan kekuatan berlebih. Pastikan tidak ada kontak yang berkarat, berdebu, lembab ataupun basah.

5. LAKUKAN PEMBERSIHAN SECARA SOFTWARE
Virus, trojan, spyware, adware, temporary files, kernel dumps, software memory-resident, itu sebagian kecil faktor yang dapat memperlambat kerja komputer gamer hingga nol. Bahkan pada beberapa kasus, bisa merusak sistem operasi dan mengakibatkan kegagalan pada hardware. Gunakanlah software pembersih seperti CCleaner, System Mechanic atau pun software-software pembersih lainnya.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »