Review Imperium Romanum

4:28 AM
Genre: RTS, Tanggal Rilis: Februari 2008, Developer: Haemimont Games, Publisher: Kalypso Media, Mode: Single-player dan multiplayer
Review Imperium Romanum

Imperium Romanum merupakan sebuah game strategy yang bergenre Real-time strategy. Sesuai judulnya, dalam game ini Sobat hanya dapat memainkan kubu Romawi. Tak ada pilihan lain, tapi jangan cemas. Setidaknya game ini memberikan empat mode permainan dalam menu utamanya.
Review Imperium Romanum

Selain tutorial yang berisi petunjuk permainan, maka tiga mode lainnya adalah Scenario, History, dan Rome. Mode tutorial yang diberikan hanya berupa pengetahuan dasar terkait dengan gameplay maupun kontrol yang dibutuhkan dalam permainan. Tutorialnya tidak mencakup semua elemen dalam permainan, namun cukup memadai. Adapun Scenario memberikan Anda lokasi dan tingkat kesulitan yang berbeda. Anda bebas melakukan segala hal karena tak ada tugas khusus dalam mode ini. Agak berbeda dengan mode History yang berbasis sejarah, dengan mengambil masa 509BC, hingga 120AD. Mode ini berisi berbagai tugas khusus yang harus Anda lakukan. Sedangkan, mode terakhir, Rome, mengharuskan Anda bermain pada sebuah kota yang sudah tertata. Pencarian bahan mentah sebagai resources tak lagi dibutuhkan. Sebaliknya, Anda lebih dituntut untuk menggiatkan perdagangan.
Review Imperium Romanum

Dari sisi gameplay, Imperium Romanum berbasis pada membangun kota. Mirip game strategy umumnya, Anda harus membangun bangunan yang diperlukan, mencari resources, menggiatkan perekonomian, hingga menciptakan unit tempur. Agak berbeda dari biasanya, game ini membedakan antara warga biasa dengan budak. Budak bertugas untuk membangun, sementara warga biasa akan menjadi pekerja di bangunan tersebut. Budak akan didapat dari Forum.
Review Imperium Romanum

Forum sendiri merupakan bangunan utama, di mana Anda bisa mengakses berbagai bangunan lain yang dibutuhkan. Jumlah budak akan meningkat seandainya Anda meng-upgrade Forum. Upgrade Forum juga akan menambah pendapatan melalui pajak, hingga berbagai kemajuan lain seperti semakin sedikitnya material yang dibutuhkan untuk membangun. Namun, kecuali Forum, bangunan lain terutama rumah warga akan ter-upgrade secara otomatis jika perekonomian maju. Sebaliknya jika ekonomi memburuk, warga yang miskin bisa berubah menjadi kriminal.
Review Imperium Romanum

Untuk memastikan semua berjalan baik, Anda dituntut untuk memperhatikan kesejahteraan warga. Anda bisa mengklik Tablet untuk mendapatkan tugas spesifik atau sekedar informasi. Sayangnya, tugas dalam Tablet tidak tersusun secara acak, sehingga tidak menambah poin replay value. Kelemahan lain yang juga tampak adalah kontrol pasukan. Jika memiliki pasukan yang besar, Anda harus mengklik setiap grup untuk menggerakkannya. Anda tidak bisa menggerakkannya sekaligus.
Review Imperium Romanum

"Grafis yang bagus, mode permainan yang bervariasi. Waktu yang bisa dipercepat"

Persyaratan PC Minimal Untuk Menjalankan Imperium Romanum:
Supported OS: Windows XP/Vista
Processor: 1.6 GHz minimum
Memory: 512MB RAM
DirectX version: DirectX 9
Graphics Card: DirectX 9 Compatible with 128MB VRAM
Hard Drive Space: 2GB free HD space

Artikel Terkait

Previous
Next Post »